Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

GUNUNG GAMALAMA MELETUS: Notice Baru Dikeluarkan, Bandara Ternate Masih Lumpuh

Bandara Sultan Baabulah, Ternate, Maluku Utara masih berhenti beroperasi menyusul hujan debu vulkanik akibat letusan Gunung Gamalama. Secara keseluruhan sejak Jumat (19/12/2014), ada 104 penerbangan yang terpaksa tertunda akibat bencana tersebut.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 22 Desember 2014  |  14:30 WIB
GUNUNG GAMALAMA MELETUS: Notice Baru Dikeluarkan, Bandara Ternate Masih Lumpuh
Aktivitas Gunung Gamalama yang mengeluarkan abu vulaknik di Ternate, Maluku Utara, Jumat (19/12). - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Bandara Sultan Baabulah, Ternate, Maluku Utara masih berhenti beroperasi menyusul hujan debu vulkanik akibat letusan Gunung Gamalama. Secara keseluruhan sejak Jumat (19/12/2014), ada 104 penerbangan yang terpaksa tertunda akibat bencana tersebut.

Kepala Pusat Penerangan Publik Kementerian Perhubungan, J.A. Barata mengatakan pihaknya telah mengeluarkan larangan melakukan operasional bandara atau notice to airman pada Senin (22/12/2014) pagi, sekitar pukul 08.16 WIT.

“Dengan adanya notice terbaru, maka bandara dinyatakan tertutup sampai Selasa [23/12/2014], pagi. Jika situasi memungkinkan maka bandara bisa dioerasionalkan. Jika tidak, maka akan dikeluarkan notice baru,” katanya.

Sejauh ini, lanjutnya, berdasarkan data yang diterima dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), angin dengan kecepatan 5 knot bergerak ke arah timur, yang merupakan ruang udara penerbangan Bandara Sultan Baabulah.

“Sedangkan ketinggian abu vulkanik masih berada pada 9000 feet. Ketinggian itu masuk dalam area jelajah pesawat bermesin jet sehingga jika memaksakan diri untuk terbang, mesin pesawat bisa menghisap partikel vulkanik,” tambahnya.

Dengan ditutupnya penerbangan dari dan menuju Bandara Sultan Baabulah, maka sejak notice pertama dikeluarkan, secara keseluruhan ada 104 penerbangan yang batal dilakukan. Pasalnya, setiap harinya ada sekitar 26 penerbangan dari dan menuju bandara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ternate letusan gunung Gunung Gamalama Meletus
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top