Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asosiasi Pertekstilan Dorong Pemerintah Tingkatkan Kemitraan Khusus

Kinerja industri tesktil dan produk tekstil (TPT) ditopang ekspor. Untuk mendongkrak ekspor Asosiasi Pertekstilan Indonesia terus mendorong pemerintah menjalin kemitraan khusus dengan negara tujuan ekspor utama terutama Amerika Serikat.

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja industri tesktil dan produk tekstil (TPT) ditopang ekspor. Untuk mendongkrak ekspor, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) terus mendorong pemerintah menjalin kemitraan khusus dengan negara tujuan ekspor utama terutama Amerika Serikat.

Trans Pasific Partnership (TPP), sebagai contoh, diyakini dapat mendongkrak kinerja ekspor hingga tiga kali lipat karena ada preferensi tarif.

"Sejak 2011, target pertumbuhan ekspor 5% per tahun tidak tercapai. Naik hanya sekitar 0,6%, padahal Vietnam saja tumbuh dua digit. Ini karena kita tidak memiliki preferensi tarif," kata Ketua API Ade Sudrajat, Sabtu (13/12/2014).

TPP dapat mendorong pangsa pasar ekspor di AS naik 5% menjadi di posisi ketiga dari posisi keenam seperti sekarang. Kinerja ekspor tekstil nasional bisa naik tiga kali lipat pada 2019 setara dengan penyerapan 3 juta.

Kini pangsa pasar tekstil buatan Indonesia di Amerika Serikat 36%, sedangkan di Eropa cuma 14%. Sepanjang tahun lalu, ekspor TPT tercatat US$12,66 miliar, sedangkan impor senilai US$7,12 miliar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper