Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Online Shopping Meningkat Saat Jam Kerja

Carmudi Indonesia, situs jual beli kendaraan, mengungkapkan adanya kecenderungan masyarakat Indonesia berselancar di online shopping pada saat jam kerja.
Ilustrasi/Jibi
Ilustrasi/Jibi

Bisnis.com, JAKARTA-Carmudi Indonesia, situs jual beli kendaraan, mengungkapkan adanya kecenderungan masyarakat Indonesia berselancar di online shopping pada saat jam kerja.

Bahkan, puncak kunjungan pembeli melalui situs online terjadi pukul 11.00 WIB yang merupakan jam kerja dan pukul 14.00 WIB setelah jam pekerja beristirahat dan makan siang.

Carmudi juga mengkonfirmasi bahwa kunjungan situs online pada jam kerja itu bukan hanya untuk melihat produk pakaian, dekorasi rumah dan barang elektronik, tetapi juga kendaraan.  

Manajemen Carmudi dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Rabu (10/12/2014) menjelaskan sekitar 80% konsumen Indonesia mengunjungi (browsing) situs ecommerce untuk sekedar melihat-lihat barang yang dicari secara online.

Mereka melihat-lihat barang yang dicari secara online sebelum membeli barang tersebut secara fisik di toko offline atau gerai tersendiri.

Kunjungan konsumen ke situs ecommerce saat jam kerja bukan karena merasa barang itu harus secepatnya dimiliki, tetapi karena tidak adanya koneksi internet yang cukup cepat untuk browsing di rumahnya.

Sebelumnya, Wouter van der Kolk, Managing Director Carmudi Indonesia, mengatakan Google Indonesia menyimpulkan orang Indonesia belanja online dengan pertimbangan lebih hemat waktu dibandingkan dengan hemat uang, yang tentu positif bagi bisnis ecommerce.

“Proses pembelian mobil pada umumnya menyita waktu sampai 30 hari atau lebih. Namun, bagi beberapa pengguna Carmudi, jangka waktu ini berkurang menjadi kurang dari 4 hari,” ujarnya.

Sementara itu Nielsen melaporkan bahwa orang Indonesia cenderung memilih belanja di toko atau mal dibandingkan dengan berbelanja secara online.

Fenomena itu bisa dikaitkan dengan fakta bahwa orang Indonesia kurang mempercayai toko-toko online atau situs ecommerce untuk melakukan pembelian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper