Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MEA 2015: Indonesia Jangan Terjebak Jumlah Penduduk Besar

Sebagai negara dengan proporsi jumlah penduduk terbesar di Asean, Indonesia akan diuntungkan pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun depan.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 28 November 2014  |  06:54 WIB

Bisnis.com, DENPASAR - Sebagai negara dengan proporsi jumlah penduduk terbesar di Asean, Indonesia akan diuntungkan pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun depan.

Peneliti The Finance Research Eko B Supriyanto menuturkan keunggulan ini jika tidak dikelola dengan baik akan menjadi jebakan.

"Kalau proporsi sebesar 39% populasi penduduk Asean adalah Indonesia ini tidak dikelola baik malah jadi jebakan," katanya di Acara Diskusi Mengenal Sumber Pendanaan, di kawasan Denpasar, Bali, pada Kamis (27/11/2014) malam.

Kompetisi yang semakin ketat di segala bidang, salah satunya perbankan. Menurutnya, diperlukan kesiapan tenaga kerja Indonesia agar tidak kalah bersaing dengan tenaga asing.

Disamping kondisi perbankan nasional yang didominasi bank asing, sebaliknya bank nasional dipersulit untuk membuka cabang di luar negeri.

"Perlu kesiapan tenaga kerja, MEA tidak ada artinya. Bank asing sudah masuk. Tapi kesiapan tenaga kerja perlu dilakukan," imbuhnya.

Indonesia sendiri kini memiliki rata-rata pertumbuhan ekonomi lebih baik di Asean periode 2013 - 2017. Diproyesikan mencapai 6,4% mengungguli Malaysia diangka 5,1%.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mea 2015
Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top