Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

usia Kendaraan Dibatasi 10 Tahun, Organda DKI Keberatan

Ketua Angkutan Khusus Pelabuhan (Anguspel) Organda DKI Gemilang Tarigan menyatakan keberatannya untuk memenuhi aturan pembatasan usia angkutan barang yang hanya 10 tahun.
Bisnis.com,JAKARTA -  Ketua Angkutan Khusus Pelabuhan (Anguspel) Organda DKI Gemilang Tarigan menyatakan keberatannya untuk memenuhi aturan pembatasan usia angkutan barang yang hanya 10 tahun.

Dia meminta agar Pemprov DKI melakukan revisi aturan pembatasan usia operasional kendaraan angkutan di Ibu Kota.

"Kebijakan itu sangat memberatkan kami untuk melakukan peremajaan angkutan barang, truk, yang usianya sudah 10 tahun," ujarnya kepada Bisnis, Kamis (13/11/2014).

Gemilang menuturkan harga untuk satu unit  headtruck besar atau trailer, berkisar antara Rp800 juta hingga Rp1,2 miliar.  Saat ini, sebanyak 15.068 unit atau 58% dari total 26.000 truk berusia di atas 10 tahun.

"Biaya untuk peremajaan truk besar di Jakarta butuh dana sekitar Rp17,1 triliun. Pendapatan sekarang ini masih belum mampu disisihkan untuk reinvestasi peremajaan karena kemacetan," ucapnya.

Gemilang berharap Pemprov DKI mau memperpanjang usia operasional truk menjadi 15-20 tahun.

Apabila Pemprov DKI tidak merevisi aturan itu, pihaknya meminta pemerintah pusat membantu para pelaku usaha angkutan dengan memberikan pemberian insentif fiskal. Harga pembelian satu unit armada terdiiri dari 37% pajak, sedangkan bunga untuk pembelian armada mencapai 12%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper