Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Bongkar Muat Di Pelabuhan Peti Kemas Kariangau Meningkat

Pertumbuhan arus bongkar muat di Pelabuhan Peti Kemas Kariangau meningkat sebesar 10%-15% dari realisasi tahun sebelumnya yang mencapai 154.291 Teus.
Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pertumbuhan arus bongkar muat di Pelabuhan Peti Kemas Kariangau meningkat sebesar 10%-15% dari realisasi tahun sebelumnya yang mencapai 154.291 Teus.

Direktur Utama PT Kaltim Kariangau Terminal Anharuddin Siregar mengatakan kenaikan tersebut sebagian besar disumbang dari pengantaran arus domestik. “Paling banyak dari Surabaya dan Jakarta,” katanya kepada Bisnis, Rabu (12/11/2014).

Pada 2013, arus peti kemas di pelabuhan tersebut mencapai 3.542 TEUs untuk impor dan 23 Teus (twenty feet equivalent units) untuk ekspor. Sementara untuk perdagangan dalam negeri, arus peti kemas mencapai 76.591 TEUs untuk kegiatan bongkar, dan 74.135 untuk kegiatan muat.

Dia mengatakan peningkatan arus ini disebabkan oleh peningkatan pelayanan yang ditingkatkan oleh pihak manajemen pelabuhan, kondisi infrastruktur yang kian membaik, dan putaran logistik yang juga membaik.

“Kalau arusnya turun pasti angka capaian berada dibawah 5-10%. Nah, kalau sudah begitu harus diperiksa di tahap mana yang macet,” ujarnya.

Saat ini, pelabuhan peti kemas ini juga menerima muatan berasal dari Samarinda. Anhar mengatakan hal ini karena kondisi jalan Samarinda-Balikpapan yang semakin membaik.

Tahun depan, Anharuddin menargetkan kenaikan arus peti kemas hingga 17% dari realisasi tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper