Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penjualan Eceran di Bawah Ekspektasi

Penjualan eceran pada September di bawah ekspektasi dengan pertumbuhan masih menunjukkan kontraksi 0,6%, meskipun lebih baik dari performa bulan sebelumnya yang anjlok hingga 10,9%
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 10 November 2014  |  20:19 WIB
Penjualan Eceran di Bawah Ekspektasi
Penjualan barang eceran di supermarket - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Penjualan eceran pada September di bawah ekspektasi dengan pertumbuhan masih menunjukkan kontraksi 0,6%, meskipun lebih baik dari performa bulan sebelumnya yang anjlok hingga 10,9%.

Bank Indonesia sebelumnya memperkirakan penjualan eceran yang tecermin dalam indeks penjualan riil (IPR) September kembali positif dengan pertumbuhan 2% setelah bulan sebelumnya terkontraksi.

Kontraksi September disebabkan oleh masih turunnya penjualan kelompok barang lainnya sebesar 2,4% dan kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,6%.

“Pada kelompok barang lainnya, peningkatan terutama terjadi pada penjualan produk pakaian jadi sebesar -5,2%, lebih tinggi dari -43,4% pada bulan sebelumnya,” demikian hasil SPE yang dipublikasikan BI, Senin (10/11/2014).

Sementara pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau, peningkatan terjadi pada penjualan tembakau dan makanan jadi, masing-masing 3,6% dan -0,2%, lebih tinggi dari -12% dan 14% bulan sebelumnya.

BI sebelumnya mengumumkan penurunan itu merupakan efek dari kembali normalnya aktivitas konsumsi masyarakat setelah melejit saat Lebaran yang ditunjukkan oleh peningkatan IPR hingga 22,5.

Adapun secara tahunan(year on year), IPR September tumbuh 17,9%. Peningkatan itu terutama didorong oleh pertumbuhan penjualan riil kelompok barang lainnya sebesar 15,2%.

Sementara itu, BI kembali memperkirakan penjualan eceran berbalik arah positif pada Oktober dengan pertumbuhan 2,4%. Penjualan kelompok barang lainnya diperkirakan meningkat 3,4%, terutama produk alas kaki.

Secara tahunan (yoy), penjualan riil Oktober pun diprediksi tumbuh lebih tinggi hingga 19,3%. Kelompok peralatan komunikasi dan informasi diperkirakan menjadi penyumbang pertumbuhan terbesar hingga 39,8%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

konsumsi masyarakat indeks penjualan riil survei penjualan eceran
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top