Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUSI PUDJIASTUTI: Kalau Bukan Jokowi, Saya Tidak Mau

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, dirinya menerima posisi jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan karena pola kerja yang ditawarkan Presiden Joko Widodo.
Menteri Kelautan Dan Perikanan Susi Pudjiastuti./Antara
Menteri Kelautan Dan Perikanan Susi Pudjiastuti./Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, dirinya menerima posisi jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan karena faktor Presiden Joko Widodo.

"Kalau bukan karena Pak Jokowi, cara berfikir Pak Jokowi, primnsip-prinsip [yang dipegang] Pak Jokowi, saya tidak akan menerima pekerjaan ini," kata Susi Pudjiastuti dalam pertemuan dengan para pemimpin redaksi atau acara Chief Editor Meeting di Jakarta, Jumat (7/11/2014).

Menurut Susi, Presiden Jokowi benar-benar menginginkan adanya perubahan yang selaras dengan kalimat "kerja, kerja, dan kerja" yang diucapkannya pada saat pidato pelantikan Presiden.

Selain itu, ujar dia, Presiden Jokowi juga menginginkan agar hasil laut benar-benar digunakan semaksimal mungkin untuk kemakmuran nelayan.

"80%  nelayan kita masih di bawah tingkat kesejahteraannya," katanya.

Ia juga mengemukakan  terdapat banyak ironi di sektor kelautan dan perikanan yang telah diidentifikasi dan saat ini coba untuk diperbaiki.

Sebelumnya, Susi mengaku bahwa dirinya awalnya merasa cemas tidak bisa mengimbangi laju kinerja menteri lainnya yang berada di Kabinet Kerja pimpinan Presiden Joko Widodo.

"Dari awal saya sebenarnya ketakutan tidak bisa menyeimbangkan semua laju menteri di kabinet," kata Susi Pudjiastuti, saat bertemu dengan para pengusaha di Menara Kadin (Kamar Dagang dan Industri), Jakarta, Kamis (30/10).

Menurut Susi, hal itu antara lain karena dirinya merupakan sosok yang paling miskin pengalaman dengan tingkat pendidikan yang juga tidak setinggi menteri yang lainnya.

Apalagi, ia juga awalnya tidak menyangka dapat masuk dalam susunan kabinet dan sangat mengapresiasi Presiden Joko Widodo yang berani menunjuk dirinya sebagai menteri.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto juga memberikan apresiasi kepada Susi Pudjiastuti karena Kadin merupakan lembaga pertama yang dikunjungi menteri pasca-sertijab.

Suryo juga menyadari bahwa saat ini, pemerintahan yang baru di bawah arahan Presiden Jokowi sedang memberikan perhatian khusus kepada pembangunan di bidang kemaritiman serta sektor kelautan dan perikanan. "Sekarang di kabinet ada Menteri Koordinator baru yaitu Menko Kemaritiman," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper