Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TPS Food Fokus Perkuat Distribusi Beras Jelang MEA 2015

PT Tiga Pilar Sejahtera (TPS) Food Tbk melalui salah satu anak perusahaannya, PT Sukses Abadi Karya Inti (Sakti), fokus memperkuat pasar domestik dalam distribusi beras menjelang implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, SRAGEN— PT Tiga Pilar Sejahtera (TPS) Food Tbk melalui salah satu anak perusahaannya, PT Sukses Abadi Karya Inti (Sakti), fokus memperkuat pasar domestik dalam distribusi beras menjelang implementasi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

Chris Oey, Marketing Director Rice TPS Food, mengatakan penjualan beras dari perusahaan selama ini terdistribusi di pasar modern domestik dengan persentase 90%. Adapun pasar terbesar mayoritas berada di Pulau Jawa.

“Kami fokus di Indonesia karena pangsa pasar di sini cukup besar,” kata Chris dalam kunjungan ke pabrik PT Sakti di Sragen, Rabu (5/11/2014).

Pihaknya mengaku belum berencana mengembangkan pasar ekspor kendati implementasi Masyarakat Ekononomi Asean berlaku 2015.

Alasan Chris fokus pasar domestik karena optimistis konsumsi beras per kapita terus meningkat. Berdasarkan data Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), konsumsi beras per kapita per tahun mencapai 130 kg.

Dari kebutuhan beras nasional, kontribusi beras TPS group mencapai 40 ton per bulan. Dengan kemampuan ini, perusahaan menargetkan 5% dari pasar beras nasional pada 2020, dengan kapasitas produksi total mencapai 2 juta ton per tahun.

“Jika dikalikan dengan populasi penduduk di Indonesia, tentu angkanya cukup besar sekali, mencapai 30 juta ton. Ini peluang besar. Jangan sampai pasar dalam negeri justru impor beras,” paparnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khamdi
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper