Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WWF dan KKP Perpanjang Kerja sama Kelautan dan Perikanan

Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Organisasi lingkungan World Wildlife Fund (WWF) sepakat memperpanjang kerja sama pengelolaan dan pemanfataan sumber daya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Organisasi lingkungan World Wildlife Fund (WWF) sepakat memperpanjang kerja sama pengelolaan dan pemanfataan sumber daya kelautan dan perikanan secara berkelanjutan.

Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja mengatakan penandatangan kesepakatan tersebut bertujuan untuk memperkuat komitmen keduanya dalam melakukan sinergi, sinkronisasi serta koordinasi dalam menjaga keberlangsungan kekayaan laut Indonesia.

“Dimana Pemerintah membutuhkan dukungan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) seperti WWF yang memiliki visi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan secara berkelanjutan,” katanya di Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Adapun dalam nota kesepahaman tersebut, terdapat lima hal utama yang disepakati. Poin pertama yaitu pemberdayaan dan pengembangan kewirausahaan serta pengelolaan sumber daya kelautan dan perikanan berkelanjutan untuk mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan.

Kedua, optimalisasi dan efektivitas pengembangan kawasan konservasi perairan, pesisir dan pulau-pulau kecil dan perlindungan jenis hewan terancam punah dan dilindungi,  kesehatan ekosistem serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ketiga, memberikan dukungan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab, baik dilingkup nasional maupun regional.

Keempat, melakukan pengembangan dan pelaksanaan pendidikan, pelatihan, penyuluhan dan kampanye publik mengenai konservasi dan pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan yang berkelanjutan.

Dan, terakhir penelitian dan pengembangan serta kajian kebijakan, terkait dengan konservasi sumber daya kelautan dan perikanan berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Nurbaiti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper