Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPPT Kerja Sama Dengan Prancis Untuk Energi Terbarukan

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi menjalin kerja sama dengan Prancis terkait energi terbarukan guna menghadapi permintaan energi yang terus meningkat.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi menjalin kerja sama dengan Prancis terkait energi terbarukan guna menghadapi permintaan energi yang terus meningkat.

Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan tantangan yang dihadapi oleh negara manapun di dunia ini adalah peningkatan kebutuhan energi. Dia menyebutkan terdapat tiga sumber energi konvensional yakni batu bara, minyak bumi, dan gas alam. Selain itu, adapula sumber energi terbarukan seperti fuel cell, geothermal, pembangkit listrik tenaga angin, biomassa, dan lainnya.

“Kami menjalin kerja sama dalam bidang energi terbarukan yakni hidrogen dan fuel cell dengan Prancis," katanya, Selasa (14/10/2014).

Dia menyebutkan salah satu solusi masa depan energi adalah fuel cell atau bahan bakar hidrogen yang berupa perangkat elektrokimia yang secara langsung mengubah energi kimia menjadi energi listrik. Struktur dasar dari fuel cell terdiri dari lapisan elektrolit diapit oleh anoda dan katoda di sisi lain.

Fuel cell memiliki potensi untuk mengganti mesin pembakaran internal di kendaraan. Juga menyediakan energi pada pengisian bahan bakar kendaraan serta merupakan aplikasi energi yang hemat, bersih dan relatif fleksibel,” katanya.

BPPT mengirim perekayasanya untuk belajar ke sejumlah universitas di Prancis. “Ini semua dalam upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia BPPT,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper