Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TOL TRANS SUMATRA: Launching Ruas Medan-Binjai Pekan Depan

Megaproyek tol Trans Sumatera akan di-launching pemerintah pada pekan depan, tepatnya 10 Oktober 2014 di ruas Medan-Binjai.
Kurniawan A. Wicaksono
Kurniawan A. Wicaksono - Bisnis.com 04 Oktober 2014  |  18:20 WIB
Pembangunan tol Trans Sumatera ini berpeluang besar dilakukan tahun depan dengan pemerintahan baru.  - Bisnis.com
Pembangunan tol Trans Sumatera ini berpeluang besar dilakukan tahun depan dengan pemerintahan baru. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Megaproyek tol Trans Sumatera akan diluncurkan secara resmi oleh pemerintah pada pekan depan, tepatnya 10 Oktober 2014 di ruas Medan-Binjai.

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto mengatakan pemilihan ruas Medan-Binjai merupakan hasil pertimbangan sudah tersediannya lahan mengingat selama ini beberapa proyek MP3EI terhambat akibat tarik-menariknya kepentingan pembebasan lahan.

“Medan-Binjai [dipilih] mungkin masalah pembebasan tanahnya lebih gampang di sana karena lebih 70% yang mau dilewati jalan tol itu punyanya PTPN,” ungkap dia.

Djoko mengungkapkan awalnya ada dua ruas prioritas yang diajukan yakni Palembang-Indralaya dan Medan-Binjai. Namun, karena kewenangan pemilihan ruas ada ada pada PT Hutama Karya (HK) yang memilih ruas tersebut, pemerintah akan mengikutinya.

Seperti diketahui, dalam sidang kabinet beberapa waktu lalu, pemerintah menugaskan PT HK untuk melakukan pembangunan tol Trans Sumatera khususnya empat ruas prioritas.

Djoko menegaskan pada masa Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II ini, pemerintah hanya melakukan pencanangan / launching, tanpa adanya proses groundbreaking. Menurutnya, untuk groundbreaking pemerintah harus menunggu tender kontraktor.

Walaupun belum groundbreaking, pencanangan ini menunjukkan adanya komitmen pemerintah untuk menjalankan proyek ini, apalagi sudah ada perpresnya. Dengan demikian, harapannya, banyak investor yang akan datang.

Dia mengatakan pembangunan tol Trans Sumatera ini berpeluang besar dilakukan tahun depan dengan pemerintahan baru. “Kalau menurut perhitungan saya bisa [tahun depan], kalau tahun ini mungkin bisa mungkin tidak. Kalau tidak bisa tahun depan berarti terlalu lamban kerjaan kita.”


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi trans sumatra
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top