Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKSPOR IKAN: KKP Genjot Mutu dan Keamanan Produk

Kini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan program peningkatan jaminan mutu dan keamanan produk perikanan.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -Jaminan kualitas produk perikanan menjadi perhatian Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengembangkan program peningkatan jaminan mutu dan keamanan produk perikanan, sehingga dapat berdampak positif terhadap kenaikan nilai dan volume ekspor.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo mengatakan sebagai langkah nyata, KKP telah melakukan pembinaan mutu dan keamanan hasil perikanan pada Unit Pengolahan Ikan (UPI) skala menengah hingga besar.

“Hasilnya di tahun 2013, capaian menggembirakan ditunjukkan dengan diterimanya 119 unit UPI ke negara mitra,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (3/9/2014).

Capaian yang melampaui target hingga lebih dari 200 persen itu dikarenakan terbukanya pasar Asia seperti Korea, China, Vietnam sebagai tujuan pengembangan ekspor hasil perikanan.

“Adapun rincian masing-masing negara mitra di antaranya, Uni Eropa sebanyak 12 Unit, Kanada sebanyak 6 Unit, Korea sebanyak 22 Unit, China sebanyak 38 Unit , dan Vietnam sebanyak 26 unit,” jelas Cicip.

Sejalan dengan itu, KKP terus memperkuat keberadaan labotarium kesehatan ikan dan lingkungan di sentra budidaya udang, patin dan komoditas lainnya.

Hal ini ditunjukkan dengan melakukan pengawasan baik dari mutu dan keamanan pangan, hingga bimbingan dalam proses penangkapan, distribusi ataupun pengolahan.

Sementara, untuk produk perikanan produksi skala Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM), KKP telah memberikan Sertifikat Produk Pengguna Tanda SNI (SPPT SNI) kepada para pelaku UMKM.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Giras Pasopati
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper