Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemilu 'Hancurkan' Proyeksi Impor Barang Modal

Kementerian Perindustrian mengaku sulit untuk memastikan pergerakan impor barang modal dan bahan baku pada bulan-bulan mendatang. Hal ini terpengaruh hajatan politik lima tahunan yang membuat pelaku industri cenderung menahan diri.nn
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 03 September 2014  |  18:03 WIB
Pemilu 'Hancurkan' Proyeksi Impor Barang Modal
Menteri Perindustrian M.S. Hidayat - JIBI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Perindustrian mengaku sulit untuk memastikan pergerakan impor barang modal dan bahan baku pada bulan-bulan mendatang. Hal ini terpengaruh hajatan politik lima tahunan yang membuat pelaku industri cenderung menahan diri.

Menteri Perindustrian M.S. Hidayat mengatakan kinerja industri pada tahun ini fluktuatif terpengaruh iklim politik sebelum maupun selepas pemilihan presiden dan wakilnya. Yang pasti, akumulasi impor barang modal dan bahan modal sekarang ini masih berkisar 60% dari kebutuhan di dalam negeri.

“Naik turun impor barang modal ini semua fenomena kuartalan atau bulanan karena semua fluktuatif di tahun politik,” katanya, di Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sepanjang tujuh bulan pertama tahun ini impor barang modal dan bahan baku/penolong menyusut masing-masing 10% dan 6,2% secara year-on-year. Berdasarkan persentase itu impor bernilai US$17 miliar untuk barang modal, sedangkan bahan baku US$80 miliar.

Kemenperin mengaku sulit memproyeksikan nilai impor barang modal dan bahan baku sepanjang tahun ini. Hal ini bukan disebabkan Tahun Kuda 2014 sebagai tahun krisis melainkan periode yang penuh ketidakpastian terutama bagi dunia usaha.

“Tapi yang pasti kecenderungan kami untuk menurunkan impor barang modal itu. Saya juga gembira bank sudah memberi sinyal positif untuk dukung bantuan modal bagi investasi,” ucap Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

impor bahan baku impor barang modal
Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top