Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AEKI Jateng Ajak Barista Semarang Pelajari Produksi Kopi

Asosiasi eksportir dan industri kopi Indonesia atau AEKI Jawa Tengah kembali menggelar Coffee Explore dengan agenda mengikuti proses produksi kopi dari perkebunan hingga pabrik pengolahan.

Bisnis.com, BAWEN—Asosiasi eksportir dan industri kopi Indonesia atau AEKI Jawa Tengah kembali menggelar Coffee Explore dengan agenda mengikuti proses produksi kopi dari perkebunan hingga pabrik pengolahan.

Setidaknya 50 peserta dipandu langsung Moelyono Soesilo selaku Purchasing and Marketing Manager pabrik kopi lokal PT Taman Delta Indonesia sekaligus Wakil Ketua AEKI Jateng.

Moelyono mengatakan agenda Coffee Explore ke-2 ini mengusung tema The Amazing Coffee Expedition bertempat di Kampoeng Kopi Banaran untuk mengetahui langsung kondisi kebun dan produksi kopi.

"Coffee trip ini mengajak barista di Semarang dan sekitarnya untuk tur musim panen kopi, dari memetik buah kopi, gambaran panen hingga proses pengeringan," ujarnya, Senin (11/8/2014).

Ekplorasi kopi melalui tur ke perkebunan hingga pengetahuan produksi tersebut secara khusus disampaikan kepada barista sebagai penyaji kopi.

"Peran barista penting untuk menyajikan kopi. Jangan sampai kopi yang proses produksinya lama dengan penanaman dan perawatan khusus bisa rusak saat disuguhkan."

Saat ini pasar kopi Kota Semarang didominasi robusta lokal 70% yang diambil dari perkebunan rakyat binaan langsung. Kopi Arabika mengambil porsi 30%.

Moelyono berharap minat masyarakat maupun penyedia kopi seperti kafe dan resto pada jenis Arabika terus di dorong untuk meningkatkan pemasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper