Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JEMBATAN COMAL RUSAK: SCI Prediksi Biaya Angkut Naik 25%

Supply Chain Indonesia memperkirakan kerusakan Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, berdampak terhadap peningkatan biaya pengangkutan antara 10%-25%.

Bisnis.com, Cilegon - Supply Chain Indonesia memperkirakan kerusakan Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah, berdampak terhadap peningkatan biaya pengangkutan antara 10%-25%.

Chairman Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mengatakan, peningkatan biaya itu setara dengan peningkatan biaya logistik sebesar 7%-17,5%.

Kerugian tersebut, katanya, cukup besar karena sekitar 80% pengiriman barang di jalur pantai utara Jawa (Pantura) menggunakan moda transportasi jalan yang melewati jembatan tersebut.

Dia menuturkan kerusakan jembatan di Comal diduga sebagai akibat kerusakan struktur bagian bawah jembatan akibat tergerus banjir pada Februari 2014.

Untuk itu, pemerintah perlu mengambil langkah antisipasi untuk mengurangi potensi terulangnya kejadian, baik di jembatan Comal maupun lokasi lainnya.

"Terutama dengan peningkatan pengawasan dan pemeliharaan infrastruktur transportasi," ujarnya, Selasa (29/7/2014).

Menurutnya, pemeliharaan infrastruktur di dalam negeri semakin penting mengingat alokasi anggaran yang terbatas. Investasi infrastruktur di Indonesia hanya sekitar 5% dari produk domestik bruto (PDB).

"Sebagai perbandingan, investasi infrastruktur di India sekitar 7,5% PDB dan di China sekitar 10% PDB."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper