Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INDUSTRI ALKES: Ini Jenis Alat Kesehatan yang Banyak Dipesan

Gabungan Perusahaan Alat Kesehatan dan Laboratorium Indonesia (Gakeslab) menyatakan kinerja paruh pertama 2014 tumbuh 5% dibandingkan dengan semester I/2013, yang disokong dari penjualan jenis disposibel.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 15 Juli 2014  |  01:30 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Gabungan Perusahaan Alat Kesehatan dan Laboratorium Indonesia (Gakeslab) menyatakan kinerja paruh pertama 2014 tumbuh 5% dibandingkan dengan semester I/2013, yang disokong dari penjualan jenis disposibel.

Titah Sihdjati Riadhie, Ketua Umum Gakeslab, mengatakan tingginya permintaan jenis disposibel (sekali pakai) seperti jarum suntik, selang, perban daripada jenis barang modal seperti tempat tidur, inkubator, perlengkapan rumah sakit dan lainnya.

“Tingginya penggunaan jenis ini [disposibel] akibat hadirnya BPJS yang fokusnya pada obat generik dan alkes disposibel,” katanya kepada Bisnis.com, Senin (14/7/2014).

Hingga kini keberadaan industri alkes jenis barang modal dan disposibel diproyeksi seimbang. Namun demikian, sulit bertumbuhnya kinerja industri alkes nasional akibat dari lemahnya daya saing dengan hantaman produk asing.

Dia menambahkan ketiadaan industri bahan baku yang sesuai medical grade hingga tidak dilaksanakannya peraturan pemerintah mengenai penggunaan produk dalam negeri berdampak pada lemahnya daya saing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alkes
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top