Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pacu Efisiensi Usaha, KKP Luncurkan Aqua Cards

Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) meluncurkan kartu pengendali teknis, pengendali mutu, dan pencatat data (Aqua Cards).

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) meluncurkan kartu pengendali teknis, pengendali mutu, dan pencatat data (Aqua Cards).

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebjakto mengatakan kementerian menargetkan peningkatan produksi perikanan sebesar 10-20% melalui kartu pengendali ini.

Menurutnya, Aqua cards menajdi solusi untuk melakukan pengawasan, pengendalian dan peningkatan efisiensi usaha budidaya dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing produk perikanan budidaya.

"Ada tiga macam Aqua Cards yaitu Aqua Cards B untuk pembudidaya ikan, Aqua Cards H untuk pembenih ikan dan Aqua Cards T untuk Teknisi Budidaya," katanya, Selasa (8/7/2014).

Manfaat dari Aqua Cards bagi pembudidaya adalah adanya kepastian pembinaan dan bimbingan baik dari pemerintah melalui penyuluh maupun teknisi (teknisi pakan, teknisi obat maupun teknisi budidaya).

Selain itu, pembudidaya akan mendapatkan kemudahan dalam pemasaran hasil produksinya.

Bagi pemerintah, Aqua Cards akan memudahkan dalam melakukan pembinaan yang dilakukan secara bertingkat mulai dari pemerintah daerah, pusat maupun swasta.

"Ketelusuran produk perikanan budidaya akan lebih mudah dilakukan melalui data base yang ada di kartu ini," ujarnya.

Slamet menambahkan Aqua Cards sudah diberikan kepada 400 orang pembudidaya pada 2014. Targetnya, semua pemegang sertifikat Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) maupun Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) akan memegang kartu ini.

Penerbitan Aqua Cards dilakukan untuk melakukan pendataan terhadap para pembudidaya, pembenih, dan juga teknisi.

Selanjutnya, data base yang sudah ada akan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing produk perikanan budidaya sekaligus meningkatkan kesejahteraan para pembudidaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fauzul Muna
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper