Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transmisi Sumatra Jawa Ditargetkan Groundbreaking Tahun Depan

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengungkapkan proyek transmisi tegangan tinggi arus searah (high voltage direct current/HVDC) Sumatra Jawa 500 kilovolt (kV) ditargetkan groundbreaking pada triwulan kedua 2015.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengungkapkan proyek transmisi tegangan tinggi arus searah (high voltage direct current/HVDC) Sumatra Jawa 500 kilovolt (kV) ditargetkan groundbreaking pada triwulan kedua 2015.

Direktur Perencanaan dan Pembinaan Afiliasi PLN Murtaqi Syamsyuddin menyatakan optimis pendanaan proyek sepanjang 500 kilometer itu akan selesai tahun ini agar PLN bisa melakukan penawaran lelang.

“Persoalan paling pokok kan pendanaan, kita harapkan pendanaan bisa segera selesai,” katanya usai acara Coffee Morning Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM tentang Penghapusan Subsidi Listrik di Jakarta, Jumat (27/6).

Setelah pendanaan terselesaikan, tahap konstruksi akan dilakukan pada tri wulan kedua 2015 mendatang. “Kalau optimis triwulan dua, maksimal triwulan ketiga tahun depan.”

Menurutnya, target tahun depan sudah bisa dimulai karena proses perizinan dan pembebasan lahan sudah berjalan.

Transmisi HVDC ditargetkan perusahaan pelat merah beroperasi pada 2018. Meskipun pendanaan tak kunjung rampung, Murtaqi tetap berusaha menyelesaikan proyek yang mampu mengalirkan daya 3.000 Megawatt (MW) dari Sumatra ke Jawa itu selesai sesuai target.

“Iya, kita lihat nanti saja perkembangan pendanaan proyek itu,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fauzul Muna
Editor : Fauzul Muna

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper