Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Jamin Stok Unggas Aman Jelang Lebaran

Pemerintah menyatakan pelaku usaha perunggasan telah mengantisipasi lonjakan permintaan produk unggas jelang Lebaran sehingga masyarakat tidak perlu cemas komoditi tersebut akan langka.

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah menyatakan pelaku usaha perunggasan telah mengantisipasi lonjakan permintaan produk unggas jelang Lebaran sehingga masyarakat tidak perlu cemas komoditas tersebut akan langka.

Direktur Budidaya Ternak Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian Fauzi Luthan mengungkapkan bahwa pihaknya yakin peternak akan memanfaatkan momen bulan puasa dan Lebaran secara optimal dengan memperbesar volume pasokan.

Artinya, konsumen tidak perlu khawatir stok daging dan telur ayam akan mengalami kelangkaan. "Pelaku sudah memahami kondisi pasar dari tahun ke tahun. Kalau tidak ada hambatan produksi, stok cukup," kata Fauzi melalui pesan singkat, Selasa (24/6/2014).

Pada kesempatan berbeda, Ketua Umum Perhimpunan Peternak Unggas Nasional (PPUN) Sigit Prabowo meyakini bahwa harga karkas di level peternak akan tetap stabil di posisi Rp20.000-Rp21.000/kg.

"Masalahnya ada di level pedagang. Kan ditambah penyusutan, ongkos potong dan transportasi. Maksimal jatuh ke konsumen ya Rp35.000/kg lah," ujar Sigit.

Dia mengatakan, sejak awal bulan ini peternak telah memperbesar volume produksi hingga di atas 50 juta ekor/minggu sehingga daging ayam yang berada di pasaran bisa mencapai di atas 75.000 ton/minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper