Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HILIRISASI PERTAMBANGAN: Pelarangan Ekspor Mineral Mentah Bermanfaat Bagi Negara

Indonesian Resources Studies (Iress) mendukung langkah pemerintah melaksanakan kebijakan pelarangan ekspor mineral mentah. nn
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com,JAKARTA -- Indonesian Resources Studies (Iress) mendukung langkah pemerintah melaksanakan kebijakan pelarangan ekspor mineral mentah.

Menurut lembaga ini, kebijakan tersebut akan memberikan implikasi yang besar bagi perekonomian nasional di masa mendatang.

Direktur Indonesian Resources Studies (Iress) Marwan Batubara menyatakan tujuan penerapan kebijakan hilirisasi ini adalah untuk meningkatkan nilai tambah industri pertambangan nasional. Jika kebijakan ini tidak dilaksanakan, maka selamanya sektor pertambangan Indonesia tidak akan berkembang.

“Secara jangka panjang itu sangat baik bagi ekonomi bangsa, di mana eksploitasi sumber daya alam terkontrol, nilai tambahnya dapat dinikmati dan perekonomian masyarakat pada akhirnya akan meningkat,” katanya, Selasa (24/6/2014).

Menurutnya, polemik yang terjadi akibat pelarangan tersebut merupakan upaya sekelompok pihak yang merasa kepentingannya di sektor pertambangan terganggu.

Karena itu, ia mengimbau pemerintah agar jangan sampai kalah dengan kelompok-kelompok itu.

“Kami melihat tidak ada dampaknya, itu sangat baik bagi negara dan juga masyarakat. Sampai kapan Indonesia maju kalau ingin maju saja sudah dihalang-halangi,” jelasnya.

Sebagai catatan, penerapan kebijakan pelarangan ekspor mineral yang diketok pemerintah sejak 12 Januari tahun lalu menimbulkan berbagai polemik hingga saat ini.

Bahkan, beberapa asosiasi pertambangan menggugat langkah pemerintah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper