Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Otoritas Priok Diminta Buka TPFT Graha Segara untuk Karantina

Badan Karantina Kementerian Pertanian meminta Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok agar membuka tempat pemeriksaan fisik terpadu (TPFT) Graha Segara bagi karantina hewan, pertanian dan pangan.
Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 11 Juni 2014  |  20:48 WIB
Otoritas Priok Diminta Buka TPFT Graha Segara untuk Karantina
/grahasegara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Badan Karantina Kementerian Pertanian meminta Otoritas Pelabuhan Tajung Priok agar membuka tempat pemeriksaan fisik terpadu (TPFT) Graha Segara bagi karantina hewan, pertanian, dan pangan.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan arus impor komoditas tersebut menjelang bulan puasa dan Lebaran yang dimulai akhir bulan ini.

Pemegang wewenang gerbang masuk importasi komoditas pangan dan pertanian itu mengeluhkan TPFT Graha Segara hanya diperuntukkan bagi jalur merah atau pemeriksaan Bea Cukai.

Untuk karantina, dilakukan di container depo centre (CDC). "Dari seluruh arus masuk barang, yang kami tangani itu porsinya 50%, sementara Bea Cukai hanya 7%," ujar Kepala Badan Karantina Kementerian Pertanian Banun Harpini, Rabu (11/6/2014).

Selain itu, paparnya, apabila TPFT tidak dibuka penuh untuk karantina, pelaku usaha yang kapalnya bersandar di Koja akan mengalami kesulitan dan kerugian karena jarak menuju TPFT CDC harus memutar.

"Kami sudah mengirimkan surat kepada otoritas pelabuhan terkait dengan hal ini. Sekarang masih menunggu respons mereka," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karantina
Editor :
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top