Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INSA Dukung Penghapusan Surcharge Pelabuhan

Indonesian National Shipowners' Association mendukung penghapusan surcharge atau biaya tambahan asalkan pengelola pelabuhan menagih langsung tarif container handling charge kepada pemilik barang.

Bisnis.com, JAKARTA--Indonesian National Shipowners' Association mendukung penghapusan surcharge atau biaya tambahan asalkan pengelola pelabuhan menagih langsung tarif container handling charge kepada pemilik barang.

Ketua Umum Indonesian National Shipowners' Association (INSA) Carmelita Hartoto menyetujui penghapusan surcharge setelah melakukan pembicaraan panjang.

Menurutnya, pihaknya menyetujui penghapusan surcharge dengan catatan pengelola pelabuhan menagih tarif CHC secara langsung kepada pemilik barang.

Selain itu, penghapusan surcharge akan membuat pelayaran semakin efisien. "Kami enggak keberatan dihapus asal CHC dibayar langsung pemilik barang kepada pelabuhan," ujarnya, Rabu kepada Bisnis (22/5).

Wakil Ketua Umum INSA Asmari Herry menilai penghapusan surcharge akan menhilangkan anggapan bahwa industri pelayaran sebagai pihak yang mengambil keuntungan dari kenaikan biaya.

Dia menegaskan, sejauh ini segala yang ditagihkan oleh pihak pelayaran merupakan sesuatu yang resmi memakai tanda terima, dan tidak dilakukan di bawah tangan.

"Semua legal. Ada tanda terimanya dan pengguna jasa punya pilihan alternatif karena sifatnya bisnis to bisnis," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Hilman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper