Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Spesifikasi Teknis Konfigurasi Hasil Kilang 300.000 Barel/Hari Disusun

Ditjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral masih menyusun soal spesifikasi teknis dari konfigurasi hasil kilang berkapasitas 300.000 barel per hari.nn
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Ditjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral masih menyusun soal spesifikasi teknis dari konfigurasi hasil kilang berkapasitas 300.000 barel per hari.

Dirjen Migas Edy Hermantoro mengungkapkan [terutama] bila hasil produk dari kilang tersebut  berupa produk minyak dan petrokimia, meski belum ada perincian soal persentase kedua produk tersebut.

Dia meyakini  penggabungan kedua produk tersebut dalam satu kilang akan meningkatkan keekonomian kilang, sehingga dapat menarik investor. Menurutnya, selama ini Indonesia mengimpor BBM dan produk petrokimia dalam jumlah tinggi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Jika keduanya digabungkan,  selain menekan impor BBM dan produk petrokimia, juga menjadi nilai tambah bagi keekonomian kilang sehingga dapat menarik investor untuk bersama pemerintah membangun kilang baru,” ujarnya seperti dikutip dari situs Ditjen Migas, Jumat (23/5/2014).

Adapun, bocoran mengenai produk minyak yang dihasilkan telah terungkap yakni hanya akan memproduksi minyak dengan RON di atas 88. Meskipun demikian, pemerintah masih membahas soal aturan lelang kilang tersebut.

Namun, pemerintah telah menyediakan lahan di Bontang, Kalimantan Timur  dengan lahan seluas 900 hektare. Meskipun, pemerintah menyatakan telah mendapat alokasi minyak mentah  dari Irak sebanyak 300.000 barel per hari. “Tidak tertutup kemungkinan, pasokan minyak mentah juga diupayakan oleh investor,” ujarnya.

Sementara itu, mengenai offtaker, masih akan dibahas lebih lanjut apakah diambil seluruhnya oleh dalam  negeri atau gabungan antara investor dan dalam negeri. Hanya saja, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah menyatakan bila hasil kilang tersebut nantinya dibeli oleh Pertamina untuk memenuhi kebutuhan domestik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper