Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERTAMINA HULU ENERGI Targetkan Produksi Migas 161.000 BOEPD

PT Pertamina Hulu Energi, anak usaha PT Pertamina (Persero) menargetkan produksi minyak dan gas bumi sebesar 161.000 barel oil equivalent per day (boepd) pada 2014. Target ini meningkat 7,5% dari realisasi 2013 sebesar 149.680 BOEPD.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina Hulu Energi, anak usaha PT Pertamina (Persero) menargetkan produksi minyak dan gas bumi sebesar 161.000 barel oil equivalent per day (boepd) pada 2014. Target ini meningkat 7,5% dari realisasi 2013 sebesar 149.680 BOEPD.

Perusahaan pelat merah tersebut optimis terhadap pencapaian target itu, menyusul hasil gemilang yang diperolehnya sebagai operator Blok Offshore North West Java (ONWJ) dan West Madura Offshore (WMO).

President Director PHE Tenny Wibowo mengungkapkan optimisme tersebut setelah melihat pencapaian perusahaan dalam 6 bulan terakhir. Kendati terkendala akibat kondisi gangguan cuaca buruk di awal 2014, tetapi produksi migas perusahaan dalam periode tersebut mencapai 151.830 BOEPD, melampaui target sebesar 144.000 BOEPD, dengan tren produksi terus meningkat.

Bahkan, sebagai operator, total produksi minyak PHE tercatat mencapai 192.400 BOEPD hingga April 2014, yang diperoleh dari produksi minyak 111.680 BOEPD sebagai operator dan produksi porsi bagian PHE yang berada di kisaran 66.400 BOEPD.

Sementara itu, total produksi gas PHE sebagai operator mencapai 466,5 juta kaki kubik per hari (mmscfd), sedangkan total produksi porsi PHE berikut non operator mencapai 493 mmcfd. Pasalnya, PHE disokong oleh produksi dari beberapa blok besar seperti Blok ONWJ, WMO, BOB Siak Pusako, dan JOB PHE Jambi Merang.

Jika melihat tren positif produksi yang terus meningkat setiap bulannya, kami optimistik produksi migas PHE tahun ini akan mencapai sekitar 161.000 BOEPD yang terdiri dari 72.630 bopd minyak dan 510.8 mmscfd gas.

Hal ini tidak lepas dari keberhasilan program pengeboran yang dilakukan perusahaan di ONWJ, WMO, dan aset-aset lainnya. Khusus untuk pengembangan yang dilakukan di Senoro, baru dapat dinikmati hasilnya tahun depan, katanya seperti dikutip dari situs resmi PHE, Jumat (16/5/2014).

Pada 2014, perusahaan menargerkan melakukan pengeboran sumur pengembangan di berbagai anak perusahaan PHE dengan total sebanyak 84 sumur pengembangan. Sedangkan sumur eksplorasi direncanakan 64 unit dengan rincian 38 sumur konvensional dan 26 sumur un-conventional.

Contoh sumur pengembangan yang telah berproduksi adalah Lapangan ULA di PHE ONWJ.

Dalam upaya menjaga keberlanjutan tren positif produksi tersebut, “Tentu saja kami mengedepankan prinsip penggunaan biaya yang sebaik dan seefisien mungkin sesuai target. Dengan perencanaan yang lebih bagus dan realistis serta pelaksanaan di lapangan yang baik sesuai target, kami akan dapat menjawab tantangan yang ada.”

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Lukas Hendra TM
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper