Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chairul Tanjung Bakal Cari Dana Swasta untuk Biayai Proyek Besar

Calon Menko Perekonomian Chairul Tanjung berjanji akan mendorong pendanaan swasta untuk berbagai proyek besar yang tidak bisa dibiayai APBN, seperti Tol Lintas Sumatera.
Chairul Tanjung/Bisnis.com
Chairul Tanjung/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Calon Menko Perekonomian Chairul Tanjung berjanji akan mendorong pendanaan swasta untuk berbagai proyek besar yang tidak bisa dibiayai APBN, seperti Tol Lintas Sumatera.

Chairul mengatakan proyek seperti Tol Lintas Sumatra atau Jembatan Selat Sunda tidak mungkin dibiayai oleh APBN apalagi dengan kondisi penerimaan negara yang tertekan dalam APBN 2014.

Dia menegaskan proyek besar seperti Tol Lintas Sumatra harus berjalan, karena sangat penting bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pemerintah harus mencari sumber pendanaan non APBN agar proyek-proyek tersebut bisa terealisi dalam waktu yang direncanakan.

“APBN kan tidak mungkin [membiayai Tol Lintas Sumatera], untuk yang ada pengeluarannya [di APBN 2014] saja tidak cukup. Saya lihat nanti, bisa tidak non APBN, kalau bisa akan saya lakukan,” kata Chairul, Jumat (16/5).

Namun, CT menjelaskan Menko Perekonomian tidak memiliki kewenangan untuk membuat peraturan hukum yang mengatur hal tersebut. Keputusan mengenai hal tersebut sepenuhnya ada di tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Sebagai Menko saya akan bicara kepada Presiden. Ini APBN kita tidak cukup kalau kita tidak boosting dengan yang lain maka pertumbuhan itu akan terganggu,” katanya.

Chairul berjanji akan mengupayakan proyek besar seperti Tol Lintas Sumatera bisa bergulir demi legacy pemerintahan Presiden SBY dan agar pemerintahan berikutnya tidak harus memulai pembangunan dari nol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper