Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Elektronik: Produk Pendukung Rumah Tangga Dongkrak Penjualan

Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel), mengatakan pertumbuhan penjualan produk elektronik di Indonesia didukung oleh barang perlengkapan rumah tangga.

Bisnis.com, JAKARTA — Gabungan Pengusaha Elektronik (Gabel), mengatakan pertumbuhan penjualan produk elektronik di Indonesia didukung oleh barang perlengkapan rumah tangga.  

Ali Soebroto Oentaryo, Ketua Gabel mengatakan pencapaian target penjualan didorong beberapa produk seperti Televisi, Kulkas, Mesin cuci dan air conditioner (AC).

“Penjualan elektronik yang sedang tumbuh pesat adalah kulkas, mesin cuci dan AC. Televisi memang masih banyak dibeli akan tetapi pertumbuhannya tidak signifikan,” tuturnya kepada Bisnis.com, Kamis (15/5/2014).

Menurutnya target penjualan 10% pada tahun 2014 dianggap realistis, mengingat naiknya kurs dolar pada awal tahun, pemilu menjadi salah satu penghalang penjualan. Akan tetapi helatan piala dunia dan meningkatnya suhu saat musim panas menjadi penopang penjualan.

Kebutuhan akan AC semakin meningkat, terbukti pada tahun ini penjualan AC diperkirakan naik 20% dari tahun 2013. Penopang lain, menurutnya, penyelenggaraan piala dunia meningkatkan penjualan televisi.

“Walau pertumbuhannya tidak bisa diperkirakan naik berapa, akan tetapi masyarakat tidak ingin melewatkan helatan ini [piala dunia],” Ucapnya.

Ali mengatakan rumah tangga Indonesia saat ini mengalami pergeseran kebutuhannya, televisi dan kulkas sudah menjadi barang premier dan AC tidak lagi menjadi barang tersier.

“Beberapa daerah suhunya meningkat, permintaan akan AC semakin meningkat. Terbukti barang itu [AC] sudah menjadi kebutuhan sekunder,” tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper