Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HPP DOC: Meski tak Dilibatkan Kemendag, Kementan Sepakat Rp3.200/Ekor

Otoritas hulu peternakan mengaku tidak diajak bicara secara resmi oleh Kementerian Perdagangan terkait penetapan batas atas harga bibit unggas (day old chick/DOC) sebesar Rp3.200/ekor.
Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 27 April 2014  |  10:30 WIB
Peternakan DOC. Harga Patokan Penjualan disepakati Rp3.200 per ekor - JIBI
Peternakan DOC. Harga Patokan Penjualan disepakati Rp3.200 per ekor - JIBI

Bisnis.com, DENPASAR--Otoritas hulu peternakan mengaku tidak diajak bicara secara resmi oleh Kementerian Perdagangan terkait penetapan batas atas harga bibit unggas (day old chick/DOC) sebesar Rp3.200/ekor.

Meskipun demikian, Kementerian Pertanian mengambil sikap senada dengan keputusan yang dituangkan dalam surat edaran Menteri Perdagangan yang dirilis dua pekan lalu ini.

"Kami tetap satu perahu dengan Kemendag soal DOC. Apa yang ditetapkan salah satu, ya didukung yang lain," kata Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementan Syukur Iwantoro, Sabtu (26/4/2014).

Syukut menjelaskan, surat edaran yang bertujuan untuk stabilisasi harga tersebut sifatnya fleksibel dan tidak terlalu ketat, maka memiliki kemungkinan untuk berubah demi menghindarkan persaingan yang tidak sehat.

"Yang penting itu suplai untuk peternak, keberlangsungan industri besar dan kecil jangan sampai terganggu," kata Syukur.

Oleh karena itu, jelasnya, kementerian mendorong kalangan industri besar untuk menembus pasar ekspor, agar tidak bertempur di pasar domestik dengan peternak dan pelaku usaha kecil.

Selain itu, Syukur menutukan bahwa sejak tahun ini kemitraan yang dijalin antar industri dan peternak kecil harus diketahui oleh dinas peternakan setempat, untuk menghindarkan kerugian di salah satu pihak.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doc
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top