Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasan PPnBM Ponsel Sulit Diberlakukan

Belum adanya kejelasan soal rencana penerapan PPnBM ponsel juga dipicu oleh pertimbangan pemerintah akan dampaknya terhadap konsumen, mengingat angka pembelian ponsel kategori high-end cukup tinggi di Indonesia.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 23 April 2014  |  16:27 WIB
Wamen Perdagangan Bayu Krisnamurthi - JIBI
Wamen Perdagangan Bayu Krisnamurthi - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Belum adanya kejelasan soal rencana penerapan PPnBM ponsel juga dipicu oleh pertimbangan pemerintah akan dampaknya terhadap konsumen, mengingat angka pembelian ponsel kategori high-end cukup tinggi di Indonesia.

“Dari sisi konsumen juga harus kami pertimbangkan. Begitu bergunanya ponsel hingga menjadi satu alat praktis sehari-hari. Sekarang orang ketinggalan dompet tidak apa-apa, asal jangan ketinggalan handphone. Itu juga hal yang harus kami cermati,” ucap Wamen Perdagangan Bayu Krisnamurthi, Rabu (23/4/2014).

Di lain pihak, kalangan pengusaha menilai wacana tersebut memberatkan mengingat ponsel sebenarnya tidak termasuk kategori barang mewah. Ketua Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia (Apsi) Hasan Aula menjelaskan saat ini ponsel justru telah berkembang sebagai instrumen yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi karena banyak dibutuhkan konsumen.

Apabila PPnBM ponsel tetap akan diberlakukan, lanjutnya, maka pengawasan terhadap pasar ponsel dalam negeri harus diperketat agar tidak terjadi pasar gelap. “Salah satunya adalah dengan mengaktifkan IMEI, sehingga operator Indonesia hanya dapat mengaktifkan ponsel yang resmi saja.”

Sebelumnya, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Bachrul Chairi mengkhawatirkan PPnBM justru akan mendorong praktik impor ilegal atau penyelundupan. Hal itu diakui juga oleh Sekjen Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (Ginsi) Achmad Ridwan Tento.

“Importir yang benar-benar ingin bekerja di bidang impor tidak akan melakukan smuggling. Namun, ada disparitas harga barang yang tinggi antara barang resmi dan selundupan. Karena kurangnya pengawasan, importir yang betul-betul bekerja sesuai aturan jadi dirugikan,” ujarnya. 

Impor Ponsel Indonesia 2013:

---------------------------------------------------

Negara Asal:              Nilai (miliar US$):

---------------------------------------------------

China                           1,6

Vietnam                      0,607

Meksiko                      0,203

Taiwan                                    0,190

India                            0,056

Hungaria                     0,051

---------------------------------------------------

Sumber: BPS, 2014

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ponsel impor
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top