Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perajin Bidik Pengakuan Internasional Lewat WCC Awards 2014

World Crafts Council (WCC) Award of Excellence for Handicrafts diluncurkan Selasa (22/4/2014) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 22 April 2014  |  14:23 WIB
Sepatu produksi UKM. Perajin cari pengakuan internasional melalui WCC Award - Bisnis
Sepatu produksi UKM. Perajin cari pengakuan internasional melalui WCC Award - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA --World Crafts Council (WCC) Award of Excellence for Handicrafts diluncurkan Selasa (22/4/2014) di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta.

Acara ini dihadiri oleh berbagai perwakilan komunitas/lembaga/yayasan yang membina kerajinan, yaitu perwakilan UNESCO Jakarta, Ketua Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO, dan perwakilan Indonesia National AHPADA Chapter.

Pada acara tersebut juga diselenggarakan talkshow dengan narasumber Wakil Menteri Perdagangan RI Bayu Krisnamurthi, Ketua Harian Dekranas Okke Hatta Rajasa, serta Senior Vice President WCC wilayah Asia Pasifik, Edric Ong.

 “WCC Award merupakan penghargaan bergengsi di tingkat internasional, terhadap hasil karya para perajin yang bertujuan mendorong para perajin untuk menciptakan karya yang unggul (excellent), baik dalam kualitas, desain, orisinalitas, dan inovasi sehingga dapat menjaga keberlangsungan warisan budaya,” tutur Wamendag, Bayu Krisnamurti.

Selain itu, produk juga harus mempunyai daya saing agar dapat diterima pasar, baik dalam negeri maupun luar negeri, sehingga pada akhirnya dapat menambah kesejahteraan bagi para perajin.

Pada tahun ini Indonesia, dalam hal ini Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan, untuk pertama kalinya dipercaya menjadi tuan rumah penjurian WCC Award of Excellence for Handicrafts.

 “Penunjukkan ini merupakan bentuk penghormatan dunia kepada bangsa Indonesia atas kemampuan kita dalam menyelenggarakan acara berskala internasional. Tentunya hal ini harus kita persiapkan dengan baik,” ujar Bayu.

WCC Award of Excellence for Handicrafts akan diikuti oleh produk kerajinan dari negara-negara yang masuk 3 subregional, yaitu wilayah Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Asia Pasifik.

“Penyelenggaraan WCC Award di Indonesia ini mempunyai arti penting bagi Indonesia maupun bagi WCC, mengingat kegiatan WCC Award ini baru pertama kali dilaksanakan, yang merupakan kegiatan lanjutan dari UNESCO Award. Selain itu pesertanya juga berasal dari 3 subregional, biasanya hanya 1 atau 2 subregional,” ujar Edric Ong.

Dengan demikian, akan lebih banyak perkembangan produk kerajinan dari negara-negara peserta yang dapat kita ketahui.

 Okke Hatta Rajasa menambahkan, “Dekranas bekerjasama dengan Kementerian Perdagangan telah siap menjadi tuan rumah WCC Award ini. Kita telah menyiapkan sekretariat WCC Award yang telah siap bekerja mensukseskannya."

Selain itu Dekranas,  menurutnya, juga telah menyelenggarakan Dekranas Award di tahun 2013 di mana para penerima penghargaannya akan diikutsertakan pada WCC Award 2014. Penjurian Dekranas Award juga mengikuti mekanisme penjurian UNESCO Award, sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah penerima WCC Award 2014.

Dengan demikian, pada akhirnya  diharapkan dapat meningkatkan citra bangsa Indonesia sebagai negara yang mampu menghasilkan produk kerajinan yang berkualitas, kreatif dan inovatif.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kerajinan tangan
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top