Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Perorangan Tingkatkan Pasokan Hotel di Indonesia

Banyaknya investor yang masuk ke bisnis perhotelan berhasil memacu pertumbuhan pasokan hotel di Indonesia. Apalagi, bisnis hotel dianggap aman untuk jenis investasi jangka panjang dan pertumbuhan nilai properti di Indonesia cukup bagus.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Banyaknya investor yang masuk ke bisnis perhotelan berhasil memacu pertumbuhan pasokan hotel di Indonesia.

Apalagi, bisnis hotel dianggap aman untuk jenis investasi jangka panjang dan pertumbuhan nilai properti di Indonesia cukup bagus.

“Kelompok masyarakat menengah dengan penghasilan yang cukup terus bertambah. Jika tidak bisa perorangan, mereka bergabung menjadi kelompok,” urai Wakil Ketua Umum Bidang Investasi, Perizinan, dan Pengembangan Usaha Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani, Jumat (11/4/2014).

Dari total pengembangan hotel yang terjadi 5 tahun belakangan, dia mengatakan jenis pengembangan industri hotel perorangan ataupun kelompok semakin mendominasi. Dia memperkirakan terdapat lebih dari 50% pengembangan hotel dilakukan dengan pola seperti ini.

“Pengembangan serupa ini menyebar di seluruh Indonesia, terutama untuk pengembangan hotel di tingkat kabupaten atau kotamadya. Ketertarikan yang besar mulai terjadi sejak 2008,” ujarnya.

Karena belum memiliki pengalaman yang mencukupi, lanjutnya, umumnya investor tersebut menjalin kerja sama dengan operator hotel untuk mengoperasikan hotel mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper