Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILEG 2014: KRL Tetap Beroperasi Pada Hari H

Pelayanan Kereta Rel Listrik di wilayah Jabodetabek dipastikan berlangsung seperti biasa meski besok, Rabu (9/4) merupakan hari libur nasional berkaitan dengan Pemilihan Legislatif.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 08 April 2014  |  13:26 WIB
KRL Jabodetabek - JIBI
KRL Jabodetabek - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA- Pelayanan Kereta Rel Listrik di wilayah Jabodetabek dipastikan berlangsung seperti biasa meski besok, Rabu (9/4) merupakan hari libur nasional berkaitan dengan Pemilihan Legislatif.

“Kami menginformasikan KRL [Kereta Rel Listrik] Jabodetabek tetap beroperasi sesuai jadwal biasanya,” kata Humas PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Eva Chairunisa, Selasa (8/4/2014).

Dengan demikian, lanjutnya, PT KCJ tetap melayani 59 relasi perjalanan yang menghubungkan antara stasiun-stasiun yang berada di wilayah Jabodetabek.

PT KAI Commuter Jabodetabek menyelesaikan penambahan panjang peron di seluruh stasiun lintas Jakarta-Bogor. Penambahan ini untuk mendukung operasi kereta listrik dengan 10 kereta per rangkaian. Harapannya, kapasitas bertambah dan penumpang lebih nyaman.

Sedikitnya 20 kereta dari total 150 kereta yang didatangkan dari Jepang sejak November 2013 telah rampung uji sertifikasi di Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan. Dua rangkaian, masing-masing dengan 10 kereta, itu juga telah menjalani serangkaian uji coba kelaikan jalan.

Namun, kedua rangkaian belum bisa dioperasikan karena belum semua peron stasiun mendukung 10 kereta. Pada tahap awal, PT KCJ menyiapkan peron di seluruh stasiun lintas Bogor-Jakarta untuk mendukung rangkaian 10 kereta.

Setelah lintas Jakarta-Bogor, PT KCJ akan memperpanjang peron di lintas Bogor-Jatinegara pada tahap kedua, kemudian lintas Serpong-Tanah Abang pada tahap ketiga. Harapannya, seluruh stasiun bisa disinggahi kereta rel listrik dengan jumlah 10 kereta per rangkaian.

Dia menambahkan, sepanjang 2013 PT KCJ mendatangkan 180 kereta tipe 205 dari Jepang. Dengan demikian, ada 18 rangkaian baru yang akan dioperasikan di lintas Jabodetabek mulai tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

krl
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top