Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelabuhan Cirebon Diminta Segera Dikeruk Agar Aktivitas Ekspor Naik

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat meminta pemerintah segera mengeruk Pelabuhan Cirebon guna mendongkrak aktivitas ekspor di kawasan itu menyusul pembangunan double track yang dibangun pemerintah.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BANDUNG - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jawa Barat meminta pemerintah segera mengeruk Pelabuhan Cirebon guna mendongkrak aktivitas ekspor di kawasan itu menyusul pembangunan double track yang dibangun pemerintah.

Ketua Apindo Jabar Dedy Widjaja mengatakan selama ini aktivitas di Pelabuhan Cirebon hanya terpaku pada bongkar muat batu bara, sementara aktivitas ekspor kurang.

Dengan adanya jalur double track diharapkan mampu memicu aktivitas ekspor yang dilakukan oleh pengusaha sembari menunggu realisasi Pelabuhan Cilamaya.

"Pelabuhan Cirebon bisa digunakan untuk second pelabuhan yang membantu ekspor di Tanjung Priok serta menunggu realisasi Pelabuhan Cilamaya," katanya kepada Bisnis, Minggu (23/3/2014).

Pihaknya meyakini dengan adanya optimalisasi Pelabuhan Cirebon aktivitas distribusi barang baik ekspor maupun impor lebih menggairahkan.

Bahkan, adanya pelabuhan itu bisa menarik investor lebih cepat untuk menanamkan investasi di Jabar timur seperti Cirebon, Kuningan, Indramayu dan Majalengka.

Dia juga mengharapkan pemimpin yang baru nanti setelah Pemilu bisa menarik banyak investor ke Jabar timur mengingat pembangunan yang hampir rampung seperti Bandara Kertajati, Tol Cisumdawu, dan lainnya.

Menurutnya, pemimpin harus bisa menggairahkan aktivitas perekonomian di Jabar timur guna memeratakan aktivitas perekonomian di Jabar karena selama ini cenderung terpusat di kawasan barat seperti Karawang, Bekasi, Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maman Abdurahman
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper