Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Misteri MH370: Inilah Kecelakaan Pesawat Misterius Selain Malaysia Airlines

Belum ditemukannya pesawat Malaysia Airlines yang hilang dari pantauan radar saat terbang dari Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014 mengingatkan kembali memori pengguna jasa penerbangan ke sejumlah peristiwa yang menimpa pesawat terbang sebelumnya.
Ilustrasi/Detik-detik jatuhnya pesawat Air France 447./Der Spiegel
Ilustrasi/Detik-detik jatuhnya pesawat Air France 447./Der Spiegel

Bisnis.com, JAKARTA -- Belum ditemukannya pesawat Malaysia Airlines yang hilang dari pantauan radar saat terbang dari jalur Kuala Lumpur ke Beijing pada 8 Maret 2014 mengingatkan kembali memori pengguna jasa penerbangan ke sejumlah peristiwa sejenis.

Inilah beberapa kejadian yang menimpa pesawat udara yang mirip dengan misteri pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370, dikutip dari situs berita www.dw.de, Selasa (18/3/2014)

Air France 447
Pesawat Airbus A330 milik Air France dengan 228 penumpang jatuh ke Samudra Atlantik saat terbang dari Rio de Janeiro Brasil menuju Paris pada 1 Juni 2009.Beberapa hari kemudian sejumlah serpihan pesawat ditemukan, tapi badan pesawat baru ditemukan April 2011 di kedalaman 4000 meter.Penyebab kecelakaan adalah masalah teknis dan kesalahan pilot.

Adam Air 574
Pesawat Boeing 737 milik Adam Air dengan nomor penerbangan 574 hilang saat penerbangan dari Surabaya ke Manado pada 1 Januari 2007. Sejumlah serpihan badan pesawat ditemukan beberapa hari kemudian. Kotak Hitam berhasil diangkat 9 bulan setelah itu. Tapi badan pesawat dan jenazah 102 penumpang tetap berada di dasar laut.

Merpati Twin Otter
Pesawat milik Merpati Nusantara Ailines jenis Twin Otter yang mengangkut 15 penumpang hilang saat terbang di kawasan perairan Indonesia bagian timur tahun 1995. Hingga kini bangkai pesawat tidak ditemukan.

Trans World Airlines 800
Jatuhnya pesawat terbang Boeing 747 miliki Trans World Airlines dengan nomor penerbangan 800 saat terbang dari New York ke Paris, 17 Juli 1996, juga tetap misterius. Sesaat setelah lepas landas, pesawat tiba-tiba meledak dan jatuh ke Samudra Atlantik. Semua dari 230 penumpang tewas, beragam versi penyebab kecelakaan dilontarkan, mulai dari terjangan rudal hingga meledaknya tangki bahan bakar.

Amelia Earhart
Pionir penerbangan AS Amelia Earhart dan navigatornya Fred Noonan hilang dalam penerbangan di atas Samudra Pasifik tahun1937, saat terbang keliling dunia melintasi Equator. Komunikasi radio terakhir menyebutkan pesawat kehabisan bahan bakar. Hingga kini reruntuhan pesawat maupun awaknya tidak ditemukan.

Flying Tiger Line
Sebuah pesawat terbang Superconstellation milik maskapai penerbangan AS Flying Tiger Line yang mengangkut 107 serdadu Amerika dari Filipina menuju Vietnam, hilang tahun 1962. Saat itu puluhan kapal dikerahkan dalam misi pencarian intensif di Samudra Pasifik. Hingga kini bangkai pesawat tidak ditemukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : dw.de
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper