SBY Dinilai Tidak Pro Petani Kecil

Serikat Petani Indonesia (SPI) menyatakan pemerintahan SBY tidak berpihak pada petani kecil. Pemerintah dinilai gagal menjalankan Program Pembaruan Agraria Nasional.
M. Taufiqur Rahman | 02 Maret 2014 20:34 WIB

Bisnis.com,JAKARTA – Serikat Petani Indonesia (SPI) menyatakan pemerintahan SBY tidak berpihak pada petani kecil. Pemerintah dinilai gagal menjalankan Program Pembaruan Agraria Nasional.

Dalam pernyataan resminya, SPI menyatakan praktek ekonomi liberal yang dijalankan pemerintah dianggap gagal mensejahterakan petani. terutama petani kecil yang berada di daerah pinggiran yang jauh dari pusat pemerintahan.

“Korporasi sebagai aktor utama dalam segala sektor pertanian, seperti produksi, pasca panen hingga distribusi. Telah menggeser peranan petani kecil,” demikian petikan pernyataan resmi SPI yang dikutip Bisnis, Minggu (2/3/2014).

SPI menuding penurunan rumah tangga petani di Indonesia terjadi sebagai akibat minimnya kesejahteraan yang didapat dari usaha pertaniannya. Petani akan beralih ke profesi lain yang menurutnya lebih menjanjikan.

akan tetapi upaya petani mendapatkan kelayakan dengan beralih profesi ini belum tentu seuai dengan harapannya. “Transformasi pertanian ke non pertanian ternyata juga menghasilkan kemiskinan baru,” jelas pernyataan tersebut

Tag : petani
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top