Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

60% Penduduk Indonesia 'Dijerat' Hutang

60% dari total jumlah penduduk di Indonesia memiliki hutang di lembaga keuangan
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 22 Februari 2014  |  16:49 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG - Sejumlah 60% dari total jumlah penduduk di Indonesia memiliki hutang di lembaga keuangan baik formal maupun informal.

Direktur Pengembangan Akses dan UMKM Bank Indonesia Yunita Resmi Sari mengatakan dari angka tersebut sebanyak 36% dari peminjam mendapatkan akses pinjaman dari lembaga keuangan informal. Sementara itu, 17% dari peminjam mendapatkan pinjaman dari perbankan.

"Sisanya mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan semi-formal yakni sebesar 7% dari total peminjam," ujarnya dalam acara Pelatihan Wartawan Ekonomi dan Moneter oleh Bank Indonesia, Sabtu (22/2).

Adapun sisanya, imbuh Sari, masih belum bisa mendapatkan akses pinjaman kepada perbankan baik yang benar-benar belum memiliki akses maupun yang dengan sukarela memutuskan untuk tidak meminjam kepada lembaga keuangan.

Untuk membuka akses pinjaman kepada perbankan, ada beberapa skema kebijakan yang dikeluarkan Bank Indonesia seperti program branchless banking atau layanan keuangan digital. Dengan mengenalkan akses kepada perbankan, harapannya masyarakat yang memerlukan pinjaman bisa mendapatkan akses yang baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kredit bank
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top