Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kilang Baru Akan Dibangun di Bontang

Pemerintah menyiapkan lahan seluas 700 hektare di Bontang, Kalimantan Timur untuk membangun kilang pengolahan minyak mentah yang dikerjasamakan dengan investor luar negeri.

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah menyiapkan lahan seluas 700 hektare di Bontang, Kalimantan Timur untuk membangun kilang pengolahan minyak mentah yang dikerjasamakan dengan investor luar negeri.

Edy Hermantoro, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian energi dan Sumber Daya Mineral, mengatakan opsi paling kuat wilayah pembangunan kilang baru adalah Bontang. Lokasi itu dianggap strategis untuk mendistribusikan minyak mentah dan produk olahannya.

“Lahannya sekitar 700 hektare di Bontang, karena infrastruktur disana sudah memadai, dekat dengan kompleks petrokimia, dan dekat dengan pelabuhan. Lokasi ini jangan sampai berubah lagi,” katanya di Jakarta, Kamis (13/2/2014).

Meski sudah menyediakan, Edy mengakui pemerintah belum memutuskan apakah lahan tersebut akan dimasukkan ke dalam ekuitas pemerintah, atau justru meminjamkannya kepada investor dengan mekanisme sewa.

Menurutnya, sebagian besar investor menginginkan kepastian pembeli (offtaker), dan kepastian konfigurasi kilangnya.

Dalam konsultasi pasar yang dilakukan pemerintah di Singapura itu, investor tidak lagi mempertanyakan kebijakan keuangan yang akan diberikan pemerintah, dan darimana minyak mentah yang akan diolah berasal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper