Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembangkan Angkutan Air, 117 Sungai Bakal Direvitalisasi

Sedikitnya 117 sungai di Kalimantan, Sumatra dan Papua bakal direvitalisasi sebagai sarana transportasi sungai. Pemerintah sedang menyusun cetak biru pengembangan angkutan sungai tersebut.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Sedikitnya 117 sungai di Kalimantan, Sumatra dan Papua bakal direvitalisasi sebagai sarana transportasi sungai. Pemerintah sedang menyusun cetak biru pengembangan angkutan sungai tersebut.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Sudirman Lambali mengatakan revitalisasi itu bertujuan mengurangi beban jalan sebagai sarana transportasi penumpang dan barang di berbagai wilayah di Indonesia.

Selain beban jalan berkurang, distribusi barang diharapkan meningkat sehingga mendorong mendorong perekonomian daerah.

Saat ini, lanjut Sudirman, cetak biru revitalisasi tersebut sedang disusun dan rencananya bakal dirampungkan pertengahan tahun ini.

Dalam cetak biru itu, ada 117 sungai di tiga pulau besar yakni Papua, Kalimantan dan Sumatra yang akan dimaksimalkan sebagai sarana transportasi.

“Tiga pulau itu memiliki sungai-sungai yang besar dan bisa dimanfaatkan sebagai sarana transportasi. Kalau di Jawa dan Sulawesi memang ada juga sungai besar tapi secara teknis sulit direvitalisasi," jelasnya, Kamis (6/2/2014).

Nantinya sungai akan dimanfaatkan sebagai sarana transportasi barang seperti hasil pertambangan berupa batu bara, atau hasil perkebunan berupa karet atau minyak kelapa sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper