Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembangkan Bandara Hasanuddin, AP I Gelontorkan Rp2,4 Triliun

PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan anggaran hingga Rp2,4 triliun untuk meningkatkan kapasitas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menjadi 30 juta penumpang per tahun.
Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar./Bisnis
Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar./Bisnis

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan anggaran hingga Rp2,4 triliun untuk meningkatkan kapasitas Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar menjadi 30 juta penumpang per tahun.

Sepanjang tahun lalu, pergerakan penumpang pesawat yang melalui bandara itu mencapai 9,6 juta orang, melewati kapasitas bandara (over capacity) sebanyak 7,5 juta penumpang per tahun. 

Rachman Syafrie, General Manager AP I - Bandara Sultan Hasanuddin, mengemukakan proses pengembangan dimulai dengan pembebasan lahan yang masuk dalam rencana pembangunan dengan anggaran Rp478 miliar dan bakal dilanjutkan dengan kontruksi perluasan terminal dengan anggaran Rp2 triliun.

Menurutnya, pengembangan tersebut merupakan tahap awal dari perencanaan perseroan mengembangkan Hasanuddin dengan menerapkan konsep airport city.

"Bandara ini sebenarnya sudah over capacity, dan kami targetkan konstruksi pengembangan terminal maupun fasilitas lainnya sudah bisa di-ground breaking tahun ini juga dan diperkirakan selesai 2017. Kami sudah siapkan dana sekitar Rp2,4 triliun," ucapnya, Rabu (5/2/2014).

Berdasarkan data AP I Bandara Sultan Hasanuddin, pergerakan penumpang pesawat tumbuh hingga 12,3% pada 2013 dibandingkan dengan tahun sebelumnya 8,5 juta penumpang.

Sejalan dengan itu, pergerakan pesawat sepanjang tahun lalu juga meningkat 13% menjadi 94.759 pergerakan dibandingkan dengan 2012 sebanyak 82.870 pergerakan.

Adapun pada tahun ini, perseroan mengestimasi pertumbuhan penumpang bakal mencapai 17% atau menjadi 11,2 juta orang, diikuti pergerakan pesawat udara yang mencapai 105.000 pergerakan.

Dengan kondisi tersebut, kata Rachman, perluasan terminal bandara bakal menjadi prioritas perseroan agar kapasitas bandara tidak crowded meski pertumbuhan penumpang terus meningkat dua digit tiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper