Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dampak Larangan Ekspor Minerba, Tambang Emas Bisa Rugi Rp34 Triliun

Pengusaha tambang emas dan tembaga berpotensi menderita kerugian sekitar Rp34 triliun akibat kredit macet tambang dan industri pendukungnya, serta tekanan biaya lainnya.
Tambang Emas/Jibi
Tambang Emas/Jibi

Bisnis.com, JAKARTA - Pengusaha tambang emas dan tembaga berpotensi menderita kerugian sekitar Rp34 triliun akibat kredit macet tambang dan industri pendukungnya, serta tekanan biaya lainnya. 

Natsir Mansyur, Ketua Asosiasi Tembaga Emas Indonesia (ATEI) , mengungkapkan potensi kerugian pelaku usaha tambang emas dan tembaga itu terkait dengan penerangan UU Minerba yang melarang ekspor mineral mentah, serta implementasi bea keluar 20%-60% dari 2014-2017 yang diterapkan lewat Peraturan Menteri Keuangan No.6/2014.

"Berdasarkan laporan sejumlah pengusaha ditaksir potensi kerugian sebesar Rp45 triliun. Itu  akibat kredit macet tambang dan industri pendukungnya serta tekanan biaya lainnya," ujarnya, Rabu (5/2).

Dia menjelaskan dari laporan pengusaha Nikel, bauksit, pasir besi, bijih besi, mangan, tembaga potensi kerugian Rp45 triliun itu  sistemik karena kredit macet serta leasing yang tidak bisa dibayar.

"Kalau ekspor ore itu kan pindah jadi industri pengolahan, sehingga pengusaha investasi lagi. Ada tahapannya. Jika sekarang pemerintah menetapkan BK sangat tinggi, untuk apa dilanjutkan," tegas Natsir.

Dia menambahkan hal krusial adalah tutupnya bisnis pertambangan dan itu sangat membahayakan.

"Itu berbahaya bagi kita. Kalau hari ini tutup, untuk mengangkat kembali bisnis pertambangan 3 tahun mendatang sudah sulit sekali. Saya rasa Menteri Keuangan kurang inovatif," ungkap Natsir. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper