Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenpera Bagi-bagi Dana Alokasi Khusus ke 30 Kabupaten/Kota

Kementerian Perumahan Rakyat menyalurkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp234,8 miliar yang tersebar di 30 kabupaten/kota untuk tahun ini.

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perumahan Rakyat menyalurkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp234,8 miliar yang tersebar di 30 kabupaten/kota untuk tahun ini.

Deputi Bidang Pengembangan Kawasan Kemenpera Agus Sumargiarto mengatakan dana tersebut dimanfaatkan oleh masing-masing daerah untuk kebutuhan yang meliputi pembangunan prasara, sarana, dan utilitas, serta infrastruktur pendukung kawasan perumahan.

”Pemanfaatanya bisa untuk bangun jalan, drainase, penerangan jalan umum, pengelolaan sampah, dan safety tank komunal,” paparnya di Jakarta, Selasa (5/2/2014).

Dia mengungkapkan dalam menyukseskan berbagai program perumahan, perlu sinergi dari setiap pemeritah daerah.

Adapun jumlah pengajuan untuk perolehan DAK 2014 diperoleh dari sekitar 50 kabupaten/kota. Masing-masing pemda menyampaikan berbagai kebutuhan yang terkait urusan perumahan.

Usulan yang ada kemudian diserahkan kepada Menteri Keuangan, yang mempunyai wewenang dalam memberikan persetujuan.

Menurutnya, jumlah dana yang disetujui disesuaikan dengan kebutuhan utama seiring dengan tingkat indeks kemiskinann masing-masing daerah.

Pada kesempatan tersebut, Kemenpera juga menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan kabupaten/kota dalam rangka koordinasi, sinkronisasi, dan pengawasan pelaksaaan program.

Khusus untuk Indonesia Wilayah Tengah, telah ditandatangai PKS antara Kemenpera dengan 20 kabupaten/kota, di antaranya Jepara, Kebumen, Tegal, Karanganyar, Sampang, Jombang, Madiun, Blitar, dan Nganjuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper