Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemda Diminta Dukung Program Bedah Rumah

Kementerian Perumahan Rakyat memeintah seluruh pemerintah daerah di seluruh Indonesia memberikan dukungan pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di masing-masing daerah.

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perumahan Rakyat memeintah seluruh pemerintah daerah di seluruh Indonesia memberikan dukungan pada program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di masing-masing daerah.

“Keberhasilan program BSPS atau bedah rumah di daerah tidak terlepas dari peran Pemda setempat. Oleh karena itu, program tersebut harus didukung oleh Pemda,” ujar Menpera Djan Faridz, dalam keterangan pers, Senin (20/1/2014).

Menurutnya, program itu menjadi salah satu program unggulan Kemenpera saat ini. Peran Pemda dibutuhkan dalam pendampingan dan pengawasan terhadap pelaksanaan program.

Khusus di Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Kemenpera telah menyalurkan bantuan bagi 1.932 unit rumah dengan total anggaran kurang lebih Rp14 milyar.

Sedangkan pada tahun 2014 akan ditambah sebanyak 400 unit untuk 7 desa dengan jumlah bantuan 7,5 juta rupiah per unit rumah.

Secara keseluruhan, Kemenpera telah menyalurkan Rp134,8 miliar untuk program ini bagi 17.469 unit rumah, yang tersebar di 16 provinsi. Adapun untuk 2014, pihaknya menargetkan dapat menyalurkan bantuan untuk 500.000 unit rumah.  

Cara dan mekanisme pelaksanaan adalah melalui penetapan lokasi, pendataan, penyaluran dana, hingga pembangunan fisik. Kemudian dana disalurkan melalui BRI unit terdekat dari lokasi penerima bantuan.

Pelaksanaan  perbaikan fisik rumah dilakukan oleh masyarakat secara mandiri atau bergotong royong didampingi oleh fasilitator atau tenaga pendamping masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper