Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BPH Migas Lelang 4 Proyek Pembangunan Pipa Gas Tahun Ini

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) tahun ini akan melelang pembangunan infrastruktur pipa gas di wilayah jalur distribusi Lampung, Semarang, Pasuruan, dan Jambi.
/Jaringan Pipa Gas/JIBI
/Jaringan Pipa Gas/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) tahun ini akan melelang pembangunan infrastruktur pipa gas di wilayah jalur distribusi Lampung, Semarang, Pasuruan, dan Jambi.

Umi Asngadah, Direktur Gas BPH Migas, mengatakan pihaknya sedang melakukan kajian teknis dan ekonomis pembangunan pipa di empat wilayah jalur distribusi tersebut.

Selanjutnya, BPH Migas akan membuka lelang pembangunan pipa gas yang dapat dimanfaatkan secara bersama atau open access.

“Harus tahun ini [pelaksanaan lelang pipa], agar tidak terjadi tumpang tindih pipa distribusi. Saat ini kan banyak pipa yang saling bertabrakan dan tumpang tindih,” katanya di Jakarta, Selasa (14/1/2014).

Umi menuturkan proses lelang pipa gas distribusi akan dilakukan meskipun sudah ada perusahaan yang berencana membangun pipa di wilayah tersebut.

Dengan begitu, diharapkan seluruh pipa distribusi nantinya akan menerapkan open access dan menumbuhkan pasar pengguna gas.

Di Lampung, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk berencana membangun pipa distribusi agar terintegrasi dengan floating storage and regasification unit (FSRU) Lampung.

Hal yang sama juga terjadi di Semarang, yakni PT Pertamina Gas berencana membangun pipa distribusi agar dapat terintegrasi dengan FSRU Jawa Tengah dan pipa gas transmisi Trans Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper