Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Ulang Tender FAME untuk Bahan Bakar Nabati

PT Pertamina (Persero) mengulang proses lelang Fatty Acid Methyl Ester (FAME) sebagai bahan campuran untuk bahan bakar nabati (BBN) jenis biosolar untuk 30 klaster di seluruh wilayah Indonesia.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 02 Januari 2014  |  16:01 WIB
Tangki BBM Pertamina - Antara
Tangki BBM Pertamina - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mengulang proses lelang Fatty Acid Methyl Ester (FAME) sebagai bahan campuran untuk bahan bakar nabati (BBN) jenis biosolar untuk 30 klaster di seluruh wilayah Indonesia.

Suhartoko, Senior Vice President Fuel Marketing & Distribution PT Pertamina (Persero), mengatakan hingga kini pihaknya baru mendapatkan 1,2 juta kiloliter (KL) FAME per tahun dari total 6,6 juta KL yang dibutuhkan untuk 2 tahun.

“Kami akan lakukan lelang ulang pengadaan FAME untuk 30 klaster, dan penawaran akan dievaluasi pada 21 Januari 2014,” ujarnya, Kamis (2/1).

Suhartoko menuturkan perseroan memperbanyak klaster pada proses lelang tersebut, agar dapat menjamin pendistribusiannya di seluruh Indonesia. Pasalnya, tahun ini Pertamina menargetkan mampu mendistribusikan biosolar di wilayah Indonesia bagian timur.

Dadan Kusdiana, Direktur Bioenergi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sebelumnya mengatakan Pertamina harus mengulang proses lelang FAME, karena ada beberapa wilayah yang belum siap.

Kebutuhan FAME tahun ini pun diperkirakan meningkat hingga empat kali lipat dibandingkan penyerapan pada 2013 yang mencapai 1 juta KL. “Target penyerapan FAME tahun ini mencapai 3,8 juta KL, naik empat kali lipat dibandingkan dengan penyerapan pada 2013,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina bbn
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top