Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tol JORR W2 Utara Kebon Jeruk-Ciledug Dibuka, Tarif Rp3.500

Jalan tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) Utara ruas Kebon Jeruk-Ciledug resmi dioperasikan pada hari ini, Jumat (27/12/2013) dengan tarif Rp3.500, berlaku efektif Rabu (1/01/2014)
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 27 Desember 2013  |  10:07 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) Utara ruas Kebon Jeruk-Ciledug resmi dioperasikan pada hari ini, Jumat (27/12/2013) dengan tarif Rp3.500, berlaku efektif Rabu (1/01/2014).

Pengoperasian jalan tol senilai Rp2,22 triliun tersebut dibuka secara simbolis oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, yang juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Djoko mengatakan jalan tol tersebut menghubungkan W1 dan W2 Selatan dan ditujukan dapat memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mengurangi kepadatan lalu lintas pada jalan di sekitarnya.

Dengan peresmian ini, Djoko juga berharap penyelesaian pembebasan sembilan bidang tanah yang tersisa di seksi Ciledug-Ulujami dapat segera rampung.

"Semoga dengan dioperasikannya seksi tersebut maka dapat merangsang percepatan pembebasan lahan di seksi selanjutnya," paparnya.

Secara keseluruhan tanah yang dibebaskan untuk JORR W2 Utara seluas 56,98 ha dengan dana pembebasan senilai Rp610 miliar.

Tol JORR W2 Utara memiliki panjang 7,87 km dari Kebon Jeruk hingga Ulujami. Jalan tol ini memiliki tiga akses keluar/masuk yaitu di Meruya, Joglo, dan Ciledug.

Terkait dengan kondisi jalan arteri di sekitarnya, jalan tol yang konsensinya dimiliki oleh PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) hanya boleh dilintasi kendaraan berjenis sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus (golongan I).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk. Adityawarman mengatakan ruas tol tersebut dapat mengurangi beban inner ring road dari Cawang ke Pluit hingga 30%.

"Ruas tol ini merupakan ruas yang strategis karena kendaraan dari arah Pluit yang menuju timur tidak perlu lagi masuk ke tol dalam kota," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi jalan tol kementerian pu djoko kirmanto tol jorr w2
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top