Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol JORR W2 Utara Kebon Jeruk-Ciledug Dibuka, Tarif Rp3.500

Jalan tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) Utara ruas Kebon Jeruk-Ciledug resmi dioperasikan pada hari ini, Jumat (27/12/2013) dengan tarif Rp3.500, berlaku efektif Rabu (1/01/2014)

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan tol Jakarta Outer Ring Road West 2 (JORR W2) Utara ruas Kebon Jeruk-Ciledug resmi dioperasikan pada hari ini, Jumat (27/12/2013) dengan tarif Rp3.500, berlaku efektif Rabu (1/01/2014).

Pengoperasian jalan tol senilai Rp2,22 triliun tersebut dibuka secara simbolis oleh Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto, yang juga dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.

Djoko mengatakan jalan tol tersebut menghubungkan W1 dan W2 Selatan dan ditujukan dapat memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mengurangi kepadatan lalu lintas pada jalan di sekitarnya.

Dengan peresmian ini, Djoko juga berharap penyelesaian pembebasan sembilan bidang tanah yang tersisa di seksi Ciledug-Ulujami dapat segera rampung.

"Semoga dengan dioperasikannya seksi tersebut maka dapat merangsang percepatan pembebasan lahan di seksi selanjutnya," paparnya.

Secara keseluruhan tanah yang dibebaskan untuk JORR W2 Utara seluas 56,98 ha dengan dana pembebasan senilai Rp610 miliar.

Tol JORR W2 Utara memiliki panjang 7,87 km dari Kebon Jeruk hingga Ulujami. Jalan tol ini memiliki tiga akses keluar/masuk yaitu di Meruya, Joglo, dan Ciledug.

Terkait dengan kondisi jalan arteri di sekitarnya, jalan tol yang konsensinya dimiliki oleh PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) hanya boleh dilintasi kendaraan berjenis sedan, jip, pick up/truk kecil, dan bus (golongan I).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk. Adityawarman mengatakan ruas tol tersebut dapat mengurangi beban inner ring road dari Cawang ke Pluit hingga 30%.

"Ruas tol ini merupakan ruas yang strategis karena kendaraan dari arah Pluit yang menuju timur tidak perlu lagi masuk ke tol dalam kota," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper