Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3 Isu Perikanan Ini Penting Diperhatikan

Ada 3 isu yang perlu diperhatikan oleh semua pemangku kepentingan dalam menyongsong masa depan perikanan Indonesia. Isu itu adalah ketahanan dan keamanan pangan, serta buka-tutup zona perikanan.
Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 16 Desember 2013  |  17:49 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Ketahanan pangan, keamanan pangan, dan buka tutup zona perikanan merupakan isu yang perlu diperhatikan semua pemangku kepentingan sektor perikanan nasional.

“Budaya kita memang berbeda-beda, maka pemerintah perlu melakukan penyamaan persepsi terkait ketiga isu kritis itu,” kata Martani Husaini, pengamat perikanan yang pernah menjabat sebagai Dirjen P2HP Kementerian Kelautan dan Perikanan dihubungi Bisnis, Senin (16/12/2013).

Martani menekankan pentingnya keberlanjutan dan penghormatan kepada kearifan lokal, yang pada akhirnya akan mampu menjaga ekosistem kelautan Indonesia.

Untuk ketahanan pangan di sektor perikanan, Martani menyarankan pemerintah untuk tak sembarangan memberi ijin kepada pengusaha perikanan. Untuk keamanan pangan, lanjutnya, perlu ada standarisasi dan penetapan batas-batas ikan dan hasil laut lain yang aman dikonsumsi, serta yang terakhir adalah mengenai buka-tutup untuk mendukung habitat perikanan untuk bereproduksi.

Dia menambahkan, sampai saat ini keinginan pemerintah memang sudah bagus dan ideal, namun selalu terbentur di implementasi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan kelautan ekosistem laut
Editor : Bambang Supriyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top