Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Dunia: Ekonomi Indonesia Tumbuh Melambat di 5,3%

Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat dan hanya mencapai angka 5,3% pada 2014.

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat dan hanya mencapai angka 5,3% pada 2014.

"Bank Dunia memprediksikan pertumbuhan PDB Indonesia turun dari level 5,6% di 2013 menjadi 5,3% di 2014," kata Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo Chaves, dalam pemaparan
dalam laporan triwulan terbaru di Jakarta, Senin (16/12/2013).

Rodrigo menjelaskan Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia melambat antara lain berdasarkan penurunan pertumbuhan investasi. Investasi Indonesia hanya tumbuh sebesar 4,5 persen pada triwulan III-2013, terutama untuk alat berat dan industri mesin.

Selain itu, ada risiko dampak rencana penghapusan stimulus The Federal Reserve (Bank Sentral AS) yang diperkirakan membuat pasar modal dunia terus bergejolak dan menghambat akses Indonesia terhadap dana eksternal.

"Pertumbuhan konsumsi domestik yang selama ini cukup tangguh juga diperkirakan akan melemah. Proyeksi keuangan juga terlihat rentan akibat belanja subsidi BBM," kata Rodrigo.

Dia mengatakan pemerintah Indonesia telah mengambil berbagai langkah untuk memperkuat stabilitas makro jangka pendek, terutama lewat penyesuaian kebijakan moneter dan nilai tukar rupiah.

Namun, untuk meningkatkan perdagangan dan merangsang laju pertumbuhan jangka panjang, yang diperlukan adalah reformasi struktural yang lebih luas.

"Indonesia telah melewati tahun penuh tantangan dengan jatuhnya permintaan ekspor dan harga komoditas, selain pasar modal yang bergejolak dan sulitnya memperoleh dana eksternal. Namun, kebijakan moneter telah mendukung penyesuaian ekonomi," katanya.

Dia menambahkan Indonesia akan menerima manfaat bila pemerintah fokus pada investasi yang bersifat jangka panjang karena Indonesia memerlukan lebih banyak investasi.

"Langkah-langkah perbaikan terhadap iklim usaha sangat penting untuk menarik investasi. Membuat peraturan perdagangan dan logistik lebih sederhana juga dapat membantu meningkatkan ekspor," katanya.

Dalam laporannya, Bank Dunia juga memperkirakan defisit neraca transaksi berjalan Indonesia akan menyusut dari 3,5% terhadap PDB (US$31 miliar) pada 2013 menjadi 2,6% terhadap PDB (US$23 miliar) pada 2014, akibat lemahnya pertumbuhan impor dan peningkatan permintaan ekspor moderat.

Menurut Bank Dunia, upaya yang diperlukan untuk menyikapi defisit neraca transaksi berjalan dalam jangka panjang bukan menekan nilai impor, namun dengan menaikkan ekspor dan mengamankan ketersediaan dana eksternal, terutama melalui investasi asing langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul-nonaktif
Sumber : newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper