Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengamat Pajak UI: Sistem e-Filing Mendesak Diterapkan

Pengamat perpajakan Tax Center Universitas Indonesia (UI) Darussalam mengatakan administrasi pajak dikemudian hari memang harus e-filingn

Bisnis.com, JAKARTA— Pengamat perpajakan Tax Center Universitas Indonesia (UI) Darussalam mengatakan administrasi pajak dikemudian hari memang harus e-filing.

Menurutnya dengan sistem tersebut akan memudahkan wajib pajak melaporkan kekayaannya.

Darussalam juga menyarankan, Ditjen Pajak agar lebih menyederhanakan sistem yang ada, sehingga tidak menyulitkan wajib pajak dalam hal administrasi.

“Ditjen pajak harus merendahkan biaya kepatuhan, atau cost of compliance,” katanya ketika dihubungi Bisnis, Jumat (6/12/2013).

Semakin rendah cost of complience, ujarnya, maka akan semakin tinggi tingkat kepatuhan masyarakat. Jika pemerintah terus menggunakan cara manual menurutnya hal tersebut akan menimbulkan biaya yang besar.

“Saat ini bukan masalah terlambat atau tidak, namun bagaimana usaha kita untuk e-filing,” ujar Darussalam.

Ketika sistem tersebut diluncurkan, tambahnya, harus diawali dengan mengedukasi masyarakat lebih dahulu agar paham dalam mengoperasikannya.

Jika e-filing akan diterapkan, menurutnya pemerintah harus mempersiapkan hal tersebut dengan matang, sehingga dikemudian hari tidak terjadi permasalahan sistem yang dapat mengurangi kepercayaan publik terhadap sistem tersebut.

“Sejauh ini frekuensi iklan sosialisasi pajak sudah cukup baik, namun dikemudian hari harus ditingkatkan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper