Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Sepakati Kontrak Jual Beli LNG dengan Cheniere

PT Pertamina (Persero) mencapai kesepakatan jual beli (sales purchase agreement/SPA) gas alam cair dengan Cheniere Energy, Inc. (Cheniere), melalui anak perusahaannya Corpus Christi Liquefaction, LLC.

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mencapai kesepakatan jual beli (sales purchase agreement/SPA) gas alam cair dengan Cheniere Energy, Inc. (Cheniere), melalui anak perusahaannya Corpus Christi Liquefaction, LLC.

Berdasarkan kesepakatan itu, Pertamina sepakat membeli sekitar 0,8 juta ton LNG per tahun dari perusahaan asal AS itu, sejak dimulainya kegiatan ekspor LNG dari fasilitas yang tengah dibangun di dekat Corpus Christi, Texas atau yang lebih dikenal dengan Corpus Christi Liquefaction Project (CCLP).

CCLP didesain dan diizinkan untuk mengangkut gas tersebut melalui tiga tahap pengangkutan kereta api dengan kapasitas produksi LNG 13,5 mtpa.

Dalam kontrak SPA itu, Pertamina akan membeli LNG dengan basis free-on-board melalui patokan harga pembelian yang didasarkan pada indek bulanan Henry Hub ditambah komponen tetap.  LNG selanjutnya disepakati akan dimuat ke kapal-kapal milik Pertamina.

Sesuai perjanjian, disebutkan masa kontrak selama 20 tahun sejak operasi komersial dimulai dan ditambah opsi hingga 10 tahun. Sementara itu, pengiriman gas tersebut diperkirakan dimulai pada awal 2018.  

"Pertamina merupakan pelanggan pertama dari Corpus Christi Liquefaction Project yang tengah dibangun di Texas.  Indonesia secara historis merupakan eksportir LNG terbesar dan saat ini tengah dalam proses mengubah salah satu terminal ekspor menjadi terminal penerima LNG,” ujar Charif Souki, Chairman sekaligus CEO Cheniere Energy dalam siaran persnya sebagaimana dikutip PRNewswire, Kamis (5/12/2013).

Menurutnya, SPA dengan Pertamina merupakan komitmen jangka panjang pertama dalam hal pembelian LNG dari pasar internasional untuk dikirim ke Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Sumber : cheniere.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper