Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gappindo Minta Pemerintah Fokus Kuatkan Ekspor Perikanan

Gabungan Pengusaha Perikanan Indonesia (Gappindo) menyarankan pemerintah untuk fokus menguatkan ekspor tiga komoditas perikanan, yaitu udang, tuna, dan rumput laut
Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 03 Desember 2013  |  12:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Gabungan Pengusaha Perikanan Indonesia (Gappindo) menyarankan pemerintah untuk fokus menguatkan ekspor tiga komoditas perikanan, yaitu udang, tuna, dan rumput laut.

Gappindo menyatakan dari seluruh komoditas perikanan, hanya tiga produk itulah yang saat ini bisa bersaing di pasar internasional.

“Dari pada sia-sia karena kita sudah ketinggalan jauh, lebih baik pemerintah fokus pada ketiga komoditas itu saja,” kata Ketua Umum Gappindo Herwindo kepada Bisnis, Selasa (3/12/2013).

Herwindo menuturkan ikan-ikan lain yang diproduksi Indonesia tidak sanggup bersaing dengan negara Asean lain seperti Vietnam dan Thailand.

Dia mencontohkan ikan patin dari Indonesia, berbau dan memiliki beberapa kecacatan seperti garis merah di tubuh, padahal ikan patin Vietnam tidak.

Apalagi, katanya, untuk bisa bersaing dengan Thailand, butuh usaha keras tidak hanya dari sisi regulasi untuk industri, melainkan dari peningkatan budaya dan etos kerja para awak kapal.

Namun,  khusus untuk tuna, udang, dan rumput laut, katanya,Indonesia masih memiliki potensi menjadi pemain utama di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumput laut kelautan dan perikanan ikan tuna ekspor udang ekspor perikanan
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top